Parah….Karhutla di Kapuas Meluas Hingga Mehanguskan Dua Rumah Warga

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com -Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Kapuas Murung semakin parah, bahkan meluas hingga merambah pemukiman warga. Tercatat dua rumah warga di daerah setempat turut di lalap api, pada Minggu (19/8) pukul 09.00 WIB.

Api yang semula hanya melahap semak belukar, tiba-tiba membakar dua rumah warga di Desa Bina Karya (C1) Jalur 2 RT 7 dan RT 3 Kecamatan Kapuas Murung, milik Rosenson dan Arsad Lambri.

Merambahnya api hingga ke pemukiman warga ini diduga akibat angin yang bertiup kencang ke arah dua rumah warga tersebut. Sehingga api dengan cepat mengarah ke rumah warga yang diketahui dalam keadaan kosong tak berpenghuni.

“Berdasarkan keterangan sekretaris desa (sekdes) rumah tersebut sudah kosong dan tidak ditempati lagi. Infonya pak Rosenson sudah pindah ke Kuala Kapuas dan masih belum dapat dikonfirmasi, begitu juga rumah Arsad dalam keadaan kosong,” ujar Kapolsek Kapuas Murung, Ipda Subandi, Minggu malam.

Dia menjelaskan, kebakaran dua rumah itu diduga dipicu tiupan angin kencang. Kendati sudah ada upaya antisipasi, tetapi masih saja api bisa mengarah ke pemukiman warga setempat.

“Pemadaman sulit jalur darat, ditambah angin kencang yang membuat api cepat sekali membakar hingga kena rumah,”ujarnya.(so)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here