Home / Kapuas

Jumat, 17 Agustus 2018 - 21:32 WIB

Dua Hari BPBD Kapuas Berjibaku Padamkan Api di Dua Kecamatan

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas serta unsur yang tergabung di Posko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), terus memantau titik hotspot yang ada di daeah setempat.

Sejak Kamis hingga Jumat, terdeteksi dua hotspot yang terinditifikasi api di Kecamatan Kapuas Murung dan Dadahup dilakukan pemadaman dengan water bombing dan tim darat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga menjelaskan, segala upaya dilakukan untuk mencegah api. Sehingga sekecil apapun kemungkinan adanya titik panas atau hot spot maka akan ditelusuri untuk memastikan tidak ada api yang menimbulkan asap di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Dari kemarin kita sudah terjun ke lokasi, di Kecamatan Kapuas Murung Bina Sejahtera dan Dadahup di Desa Petak Batuah,” ujar Panahatan Sinaga, Jumat (17/8).

Ketika di Kecamatan Kapuas Murung, pada Kamis (16/08), pemdaman dilakukan di Desa Bina Sejahtera (A7). Semua personel dikerahkan, seperti Tim Posko Siaga Darurat Karhtla, Tim Posko Manggala Agni, Koramil/06 Kapuas Murung, Polsek Kapuas Murung dan perangkat desa serta masyarakat setempat.

“Luas terbakar sekitar 20 hektare, karena api sudah mendekati perumahan dan sekolah di desa tersebut, maka kami minta hari ini dilakukan water bombing lewat udara,” ujar Sinaga.

Hingga hari ini Jumat (17/8), lanjut dia, disebutkan pemadaman darat tetap dilaksanakan. Sementara itu water bombing juga sudah dilakukan pada luas sekitar 15 hektare dengan jumlah volume bombing area 120.000 liter air.

“Api yang terkena water bombing infonya padam, tapi kita tetap melakukan pengecekan darat,”bebernya.(so)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Bupati Kapuas Hadiri Haul ke 8 Sayyidil Walid Bersama Wagub Kalteng

Kapuas

Diduga Bandar Zenith, Pemuda Atletis Diringkus Polisi 

Kapuas

Tragis, Remaja Kapuas Tewas Disambar Petir

Kapuas

Modus Ngaku Wali, Habib Palsu Nyaris Cabuli Anak Dibawah Umur

Kapuas

Pemkab Kapuas dan TP-PKK Gelar Pasar Murah di Desa Batanjung

Kapuas

Korsleting Listrik, Rumah Makan Ombilin Kapuas Terbakar

Kapuas

Asik Menikmati Sabu, Empat Pria Kapuas Disergap Polisi

Kapuas

Polres Kapuas Berbagi dengan Warga Tak Mampu
error: Content is protected !!