Stop BAB Sembarangan, Kecamatan Bataguh Gusur Jamban Tepi Sungai

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com-Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bataguh bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Mambulau melakukan aksi dalam menyuskseskan program 100-0-100 dan stop buang air besar (BAB) sembarangan. Salah satunya dengan menggusur jamban yang berada di pinggiran sungai seperti di Desa Pulau Mambulau, Senin (30/7).

Menurut Camat Bataguh, Budi Kurniawan, penggusuran ini bentuk sosialisasi stop BAB sembarangan yang ditandai dengan penggusuran jamban di pinggir sungai. Kegiatan ini merupakan insiatif Pemdes Pulau Mambulau, untuk mendukung program 100 hari menuju, 100 persen rumah sehat dasn sanitasilayak, 0 persen BAB semabarang dan 100 persen akses terhadap air bersih.

“Program ini murni inisiatif Pemerintah Desa Pulau Mambulau yang didanani dari Dana Desa Pulau Mambulau tahun 2018,” kata Budi Kurniawan, Senin siang.

Sebagai Camat Bataguh, Budi sapaan karib mantan Sekretaris Camat Selat ini mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Desa Pulau Mambulau. Bahkan, Pemcam Bataguh terus mendorong semua desa di daerah itu untuk melaksanakan kegiatan mendukung program Nasional tersebut.

“Karena ini komitmen bersama seluruh Pemerintah Desa se Kecamatan Bataguh yang didorong penuh oleh Pemerintah Kecamatan Bataguh agar seluruh desa melaksanakan kegiatan seperti ini,” tegas Budi.

Budi berharap, ke depan itu menjadi program yang memberi manfaat positif untuk lingkungan di Kabupaten Kapuas, khususnya Kecamatan Bataguh. Sejingga program 100-0-100 dan stop BAB sembarangan ini merupakan tanggungjwab semua pihak, termasuk masyarakat setempat.

“Kita juga berharap kesadaran amsyarakat untuk bisa mendukung program ini, karena dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sendiri,”tandasnya. (so)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here