Home / Kapuas

Senin, 16 Juli 2018 - 17:18 WIB

Pembangunan Pelabuhan Batanjung Perlu Dukungan Gubernur Kalteng

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com -Kendati pembangunan fisik Pelabuhan Batanjung yang terletak di Kecamatan Kapuas Kuala Kabupaten Kapuas sudah mencapai 80 persen, namun akses jalan darat tersebut sampai saat ini belum ada.

Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Kapuas (Pemkab) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas mengharapkan dukungan Gubernur Kalteng menyelesaikan pembangunan jalan dan juga pelabuhan tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas, Yan Hendri Ale. Pejabat ini mengharapkan ke depan persoalan kelanjutan Pelabuan Batanjung mendapat perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng. Karena pelabuhan itu merupakan sarana strategis untuk bisa memajukan wilayah Kabupaten Kapuas serta Kalteng ke depannya.

“Kita berharap pembangunan Pelabuhan Batanjung mendapat dukungan Pemerintah Provinsi (Gubernur, Red) dan pusat. Terutama masalah kendala pembangunan jalan dan juga penyelesaian pembangunan pelabuhannya,” ujar Yan Hendri Ale, Senin (16/7).

Rencana penyelesaian Batanjung, tambahnya, sudah pernah dibahas bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya beberapa waktu lalu. Saat itu Gubernur sangat reponsif adanya pembangunan Pelabuhan Batanjung, yang akan menjadi akses untuk mengangkut sumber daya alam dari wilayah DAS Barito dan DAS Kapuas.

Bahkan, Pemkab Kapuas juga telah merencanakan bahwa Pelabuhan Batanjung tidak hanya menjadi tempat bongkar muat barang, tetapi juga akan digunakan sebagai tempat pusat industry terpadu. Sehingga manfaat pelabuhan tersebut sangat luar biasa untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sebenarnya pelabuhan sudah 80 persen secara fisik, dengan kondisi seperti itu sebenarnya sudah bisa difungsikan. Tetapi masalahnya belum ada akses jalan darat ke sana,”tandasnya. (so)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Mantap! Persit Kodim 1011/ KLK Berbagi Takjil

Kapuas

Jaga Kamtibmas, Polsek Kapuas Hilir Sinergi dengan Masyarakat

Kapuas

Dikepung Api, Kakek Sahrul Nyaris Tewas Terpanggang

Kapuas

Empat Rumah di Kapuas Terbakar, Nenek 90 Tahun Ikut Terpanggang

Kapuas

Kapal Bermuatan BBM Illegal Ditangkap Polisi

Kapuas

Guru Kontrak Ditemukan Tewas Tanpa Busana 

Kapuas

Jago Merah Ngamuk di Kapuas, 6 Rumah dan 1 Barak Terbakar

Kapuas

Lima Orang Terjaring Razia Tim Gabungan
error: Content is protected !!