Home / Kapuas

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:49 WIB

Pembuat SIM Palsu Diringkus Polisi

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres. com – Aksi pria berinisial Ta (36) warga Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat berakhir di jeruji besi. Pria ini ditangkap anggota Satreskrim Polres Kapuas karena membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti melalui Kasatreskrim AKP Kristanto Situmeang mengatakan, pelaku ini ternyata sebelumnya pernah bekerja sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL) di Satlantas Polres Kapuas selama 7 tahun.

Berbekal kebisaannya selama bekerja di Satlantas tersebut, ia nekat membuat SIM palsu untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Ditempat yang sama Kasat Lantas Polres Kapuas, AKP Sugeng menjelaskan, kasus ini terungkap berawal saat salah seorang korban saat itu terkena tilang oleh anggota Polantas Polres Banjar.

Saat itu korban memperlihatkan SIM yang dibuatnya dari pelaku ke anggota tersebut. Setelah dicek anggota SIM tersebut diketahui palsu.

“Mengetahui ini korban langsung menghubungi pelaku dan pelaku mengatakan memang SIM tersebut palsu dan berjanji akan menggantinya dengan SIM asli. Namun sampai dengan saat ini pelaku tidak menggantinya,”kata Sugeng.

Atas kejadian tersebut korban yang merasa dirugikan melaporkan ke Polres Kapuas guna proses lebih lanjut. Pelaku membuat SIM palsu seolah-olah asli dengan mengunakan komputer dan 2 printer yang mana setiap pembuatan SIM palsu seolah olah asli.

Pelaku diketahui sudah melakukan aksinya kurang lebih selama 4 bulan, sehingga diakui pelaku sudah sebanyak 72 orang yang dibuatkan SIM palsu tersebut. (yan).

Share :

Baca Juga

Kapuas

Polres Kapuas Tangani 294 Kasus KejahatanĀ Selama 2022

Kapuas

Ben Brahim Kukuhkan DPP Perkeban

Kapuas

Resmi Bertugas, Kapolres Janji Jaga Keamanan Daerah

Kapuas

Rombongan Menteri Tinjau Lahan Food Estate KapuasĀ 

Kapuas

Dua Hari Tenggelam, Norul Ditemukan Tak Bernyawa

Kapuas

Kodim 1011 Kapuas Gelar Festival dan Turnamen Karate

Kapuas

Pemkab Kapuas Dukung Pencanangan Zona Integritas

Kapuas

Sempat Bersembunyi di Hutan, Kades Bumi Rahayu Ditangkap Kejaksaan