Selama Operasi Patuh, Warga Kobar Ramai-ramai Buat SIM

Warga Kobar yang memohon pembuatan SIM ketika berada di Kantor Satlantas Polres Kobar Rabu (4/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Selama dilaksanakannya giat Operasi Patuh Telabang di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kobar beberapa hari terakhir, jumlah pemohon surat izin mengemudi (SIM) meningkat tajam, mencapai 600 orang.

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandi ZS melalui Kasatlantas AKP Marsono ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, selama operasi patuh dilaksanakan, pemohon SIM di unit SIM Satlantas Polres Kobar sudah mencapai 600 orang.

“Dari 600 pemohon, ada 494 yang sudah cetak, sementara sisanya sekitar 150 masih ujian. Pemohon ini meliputi SIM C orang,  dan SIM A . Rata-rata didominasi pemohon SIM C,”ungkap Marsono Rabu (4/9/2019).

Ia menjelaskan, jumlah pemohon ini meningkatkan dibandingkan hari biasanya. Yakni jika hari biasa sebelum dilaksanakan operasi patuh, pemohon SIM di Kantor Satlantas Polres Kobar hanya mencapai 15-25  orang saja setiap harinya. Saat digelar operasi patuh ini, perharinya ada yang mencapai ratusan orang.

Pada kesempatan ini ia mengimbau kepada masyarakat agar jangan hanya tertib pada saat operasi saja melengkapi surat kendaraan, melainkan setiap saat ketika menggunakan kendaraan.

“Karena jika tertib, masyarakat tidak perlu takut apabila ada anggota kepolisian di jalan menggelar giat,” tandasnya. (yus)