Tanggulangi Banjir, Dewan Dorong Dinas Terkait Buat Saluran Irigasi

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar mendorong dinas terkait yakni Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kobar, agar membuat saluran irigasi bagi petani Desa Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng. M

Pasalnya, setiap musim penghujan, sawah petani di desa setempat sering direndam banjir. Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Kobar dari fraksi Gerindra Sri Lestari kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (3/2).

Sri mengatakan, demi pencapain hasil yang lebih maksimal disektor pertanian, pemkab melalui dinas terkait setidaknya sering melakukan kontrol dan sosialisasi terhadap petani. Khususunya terkait sektor mana saja yang perlu adanya suatu perubahan, salah satunya peningkatan infrastruktur, irigasi dan penanggulangan banjir.

“Karena apabila ketiga tahapan ini bisa dicapai bukan tidak mungkin hasil panen akan lebih maksimal dan bisa membantu program pemerintah dalam meningkatkan sektor pangan, kebetulan di Desa Marga Mulya banyak yang bercocok tanam padi, subsisidi beras kita akan tercukupi, serta akan mengurangi pasokan beras dari Jawa,” ungkapnya.

Menurut dia, saat ini musim hujan, curah hujannya cukup tinggi, apabila irigasi dan inflastruktur tidak diperhatikan, jelas merugikan, terutama bagi para petani itu sendiri. Ia berharap semoga petani memperoleh perhatian khusus terkait sarana infrastruktur penunjang peningkatan hasil pertanian dan salah satunya peningkatan saluran irigasi. Sehingga penanggulangan banjir bisa teratasi, sesuai program Bupati dan Wakil Bupati Kobar lima tahun kedepan. (aro)