Home / Budaya/Wisata

Minggu, 1 April 2018 - 16:47 WIB

Wisata Gosong Sanggora, Tempat Eksotis Untuk Diving dan Snorkeling

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com –Gosong Sanggora merupakan potensi menarik bagi warga penggemar wisata menyelam dibawah air (diving) dan menyelam dipermukaan air (snorkeling) serta memancing ikan. Objek wisata yang terletak di perairan laut Kumai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat dengan hamparan pasir putih di tengah laut seluas kurang lebih 2 kilometer ini, sangat cocok untuk melakukan aktivitas diving dan snorkeling tersebut.

Pasalnya, selain warna air yang bening kemudian kedalaman laut yang dangkal yakni sekitar 1-3 meter. Dibawah lautnya terdapat tumbuhan bawah laut, terumbu karang, dan tripang serta berbagai jenis ikan yang menarik untuk dijelajahi.

Hanya saja untuk mencapai ke lokasi ini memerlukan perjalanan yang cukup jauh. Yakni jika berangkat dari Pantai Kubu Desa Kubu Kecamatan Kumai menggunakan kelotok memakan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan. Bahkan biaya yang dikeluarkan cukup lumayan. Karena saat ini akses transportasi menuju ke lokasi masih menggunakan motoris kelotok warga Desa Kubu.

Baca Juga :  Lima Hari Menghilang, Rusli Belum Ditemukan, Pencarian Kerahkan Satu Unit Helikopter

Salah seorang nelayan Desa Kubu Kecamatan Kumai yang biasa mencari ikan di kawasan setempat Arman mengatakan, Gosong Sanggora ini kalau pagi hari kondisinya surut. Sehingga terlihat hamparan pasir yang memanjang seperti pantai. Namun jika siang hari sampai sore air naik sehingga hanya menyisakan sedikit pasir yang terlihat mengapung di tengah laut.

Baca Juga :  Diduga Konsumsi Obat PCC, Anak Ini Ditemukan Tergeletak Mabuk

“Sudah lama kondisi Gosong Senggora ini belum tersentuh fasilitas pembangunan wisata dari pemerintah. Kondisinya alami, dan memang menarik untuk objek wisata warga yang suka menyelam atau berenang karena bawah lautnya dangkal tidak dalam,”ungkapnya kepada Kalteng Ekspres.com saat mengunjungi objek wisata setempat akhir pekan ini.

Sementara itu dari kunjungan Kalteng Ekspres.com di lapangan, objek wisata ini memang sangat menarik bagi warga yang suka atau hobi melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Karena kondisi bawah lautnya sangat dangkal ditambah airnya yang jernih sehingga membuat bersemangat untuk melakukan aktivitas menyelam dibawah laut. (hm)

Share :

Baca Juga

Budaya/Wisata

Pengunjung TNTP Mulai Sepi, Imbas Virus Corona

Budaya/Wisata

Eksotis Hutan Wisata Jurung Mulai Dibidik Warga

Budaya/Wisata

Wow!! Volume Kunjungan Meningkat, Ratusan Warga Padati TNTP

Budaya/Wisata

Usai Dibuka, Pantai Keraya Mulai Ramai Dikunjungi

Budaya/Wisata

Wisata Kotim Perlu Promosi

Budaya/Wisata

Begini Ritual Warga Hindu Kaharingan di Pedalaman Kotim

Budaya/Wisata

Mantap!! Seruyan Tengah Miliki Wisata Air Terjun

Budaya/Wisata

Pesona Wisata Air Terjun di Desa Takajung
error: Content is protected !!