Home / Budaya/Wisata

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 12:08 WIB

Kalimantan Miliki Potensi Wisata Air Hitam

Peserta rapat kerja komwil V Apeksi saat mengunjungi objek wisata susur sungai Air Hitam di Kereng Bangkirai, Kamis (20/10). (Foto : IST)

Peserta rapat kerja komwil V Apeksi saat mengunjungi objek wisata susur sungai Air Hitam di Kereng Bangkirai, Kamis (20/10). (Foto : IST)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Destinasi Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya, menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi para peserta Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan.

Potensi wisata ini dikunjungi karena masuk program pencanangan wisata air hitam dunia untuk Kalimantan.

Rangkaian acara di Wisata Air Hitam yang berlangsung Kamis (20/10) lalu ini, dimulai dengan susur sungai Air Hitam. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan tarian, penyerahan cinderamata, Manasai bersama, dan meninjau stand. Kegiatan diakhiri dengan demo pembuatan kerajinan dari Getah Nyatu.

Baca Juga :  Eksotis Hutan Wisata Jurung Mulai Dibidik Warga

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin mengatakan, pesona wisata sungai air hitam memiliki keunikan warnanya hitam pekat alami yang dasarnya tidak terlihat.

“Sungai air hitam ini merupakan salah satu lokasi dari dua ekosistem air hitam yang ada di dunia, yaitu Brasil dan di Kalimantan Tengah,” ucap Avina.

Sementara itu, istri Wali Kota Tarakan Siti Rujiah dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga bahwa Kota Palangka Raya memiliki keanekaragaman budaya dan pariwisata yang menawan untuk disaksikan pada momen Apeksi Regional Kalimantan ini.

Baca Juga :  Wisata Gosong Sanggora, Tempat Eksotis Untuk Diving dan Snorkeling

“Hari ini kami menyaksikan betapa indahnya sungai air hitam dan tidak ada sedikitpun sampah. Ini bisa menjadi contoh bagi kami, bagaimana mengelola kebersihan lingkungan. Terima kasih kepada Ibu Avina Fairid Naparin yang telah membawa kami berkeliling Kota Palangka Raya,” ungkap Rujiah. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Budaya/Wisata

Wow!! Volume Kunjungan Meningkat, Ratusan Warga Padati TNTP

Budaya/Wisata

Umat Hindu Palangka Raya Rayakan Saraswati

Budaya/Wisata

Usai Dibuka, Pantai Keraya Mulai Ramai Dikunjungi

Budaya/Wisata

Warga Dayak Parahangan Ritual Mampakan Sahur

Budaya/Wisata

Wisata Kotim Perlu Promosi

Budaya/Wisata

Ini Prosesi Ritual Warga Hindu Kaharingan

Budaya/Wisata

Warga Pulau Kaladan Ritual Adat Mamapas Lewu

Budaya/Wisata

Wisata Gosong Sanggora, Tempat Eksotis Untuk Diving dan Snorkeling