Jelang Idul Adha, Pemkab Kobar Gelar Pasar Ternak

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat meninjau ternak sapi di Pasar Ternak Sayangan di Desa Pandu Senjaya Sabtu (3/8/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Menjelang Idul Adha 1440 Hijriah / 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar pasar ternak untuk ibadah qurban di Pasar Sayangan Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Sabtu (3/8/2019).

Bupati mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menghidupkan geliat ekonomi pertanian dalam arti luas, khususnya petenakan, mengingat jumlah peternak dan populasi ternak tiap tahun semakin meningkat.

“Saat ini peternak sapi sudah mencapai 450 orang yang tergabung dalam kelonpok tani, serta populasi ternak yang ada mencapa 1500 ekor,”ungkap Nurhidayah kepada awak media.

Menurutnya, sebelum kegiatan ini diadakan, Pemkab Kobar sudah melakukan koordinasi dengan para peternak sapi melalui dinas terkait. Dari masukan peternak, lokasi pasar ini dipilih, sebagai pemicu agar pasar ini bisa hidup kembali,”ujar Nurhidayah.

Nurhidayah menjelaskan, pasar yang dibangun bertahun-tahun lalu ini sudah beberapa priode pemerintahan pemimpin sebelumnya tidak difungsikan, semoga dengan kegiatan ini pasar bisa hidup kegiatan jual belinya.

“Tentunya sayang sekali pasar yang merupakan aset Pemkab Kobar ini tidak difungsikan. Untuk itulah kegiatan pasar ternak qurban ini digelar sebagai upaya  membangkitkan semangat agar pasar ini bisa berfungsi sesuai dengan keinginan masyarakat,” tandasnya. (yus)