Ratusan Buruh PT LAK Unjuk Rasa di Kantor DPRD Kapuas

Ratusan massa saat menyuarakan aspirasinya di depan Kantor DPRD Kapuas, Selasa (2/7/2019).

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Sekitar 500 orang buruh PT Lifere Agro Kapuas (LAK) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kapuas, Selasa (2/7/2019. Aksi ini dilakukan dalam rangka menuntut pihak perusahan memenuhi hak-hak mereka selama bekerja. Seperti membayar upah, hak cuti, serta hak-hak lainnya yang belum dipenuhi perusahaan.

Salah seorang orator mengatakan, aksi tersebut dilakukan pihaknya setelah 13 hari ini mogok kerja. Tujuannya, untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi terkait upah dan hak cuti yang belum dipenuhi.

“Permasalahan ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir . Terutama berkaitan dengan kebijakan soal pengupahan.Namun selama ini kami bersabar menunggu sikap perusahaan. Namun rupanya tak solusi dari pihak perusahaan untuk memenuhi keinginan kami. Sehingga terpaksa kami turun ke jalanan menggelar aksi unjuk rasa mengadu ke DPRD Kapuas,”ungkapnya disela-sela menggelar orasi Selasa (2/7/2019).

Sementara itu sebelumnya permasalahan antara kedua belah pihak ini sudah diadukan ke Pemkab Kapuas. Bahkan, saat itu Pemkab Kapuas melalui Dinas Tenaga Kerja setempat telah memediasi kedua belah pihak, namun tak menemukan titik penyelesaian.

Menyikapi aksi ini, sejumlah anggota DPRD Kapuas meminta waktu untuk mendudukan kembali kedua belah pihak dalam mediasi yang akan digelar legislatif setempat, dalam waktu dekat ini. (as/hm)