Home / Kobar

Selasa, 9 April 2019 - 19:07 WIB

249 Penyandang Disabilitas Kobar Bakal Gunakan Hak Pilih

PA NGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pada Pemilu 17 April 2019 mendatang, KPU Kabupaten Kobar telah mendata para penyandang disabilitas yang memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia lainnya untuk menggunakan hak pilihnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar Chaidir, menjelaskan ada 249 pemilih kategori disabilitas yang tercatat di daftar pemilih tetap (DPT) di Kobar. Rinciannya 75 orang atau 30 persen dari jumlah pemilih disabilitas adalah penyandang tuna daksa.

Baca Juga :  IRONIS!! Menunggak Dua Bulan, Listrik Sekolah SDN-2 Baru Kelurahan Baru Disegel PLN

Kemudian, 50 orang atau 20 persen penyandang tuna rungu, 47 orang atau 16 persen penyandang tuna grahita. Sedangkan sisanya 37 orang atau 15 persen penyandang tuna netra dan  47 orang atau 19 persen dikategorikan penyandang disabilitas lain.

“Kategori penyandang disabilitas lainya adalah orang usia lanjut atau orang yang sudah tidak mampu lagi untuk beraktivitas secara fisik akibat penyakit yang dideritanya,”ungkap Chaidir Selasa (9,”ungkap Chaidir Selasa (9/4).

Baca Juga :  Cegah Pungli, Tiga Instansi di Kobar Jalin Kerjasama Pendampingan TP4D

Chaidir memberikan contoh misal orang tua penderita penyakit yang hanya bisa berbaring ditempat tidur. Sementara untuk penyandang disabilitas lain akan didatangi oleh petugas KPPS dan saksi langsung ke rumahnya.

“Dalam memberikan suaranya ia dibantu oleh anak atau keluarga lain yang dipercaya dan tidak mengarahkan? untuk memilih calon tertentu. Sehingga yang dipilih memang sesuai dengan hati nurani yang bersangkutan,” jelas Chaidir. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

PDAM Tirta Arut Pangkalan Bun Rayakan HUT ke 27

Kobar

Peduli Penanggulangan Kebakaran, PT IPP dan TIFC Bantu 5 Unit Mesin Alkon

Kobar

180 Personel Polres Kobar Dites Urine

Kobar

Ironis, Usai Diumumkan 6 Orang Positif Covid-19, Warga Desa di Kobar Ini Dikucilkan

Kobar

Tanggulangi Peredaran Narkoba, Tim Gabungan Razia Tempat Karaoke di Kobar

Kobar

Diamuk Jago Merah, Barak Tiga Pintu Luluh Lantak

Kobar

Terhimpit Ekonomi, Buruh Bangunan Nekat Mencuri Burung di Pemukiman Padat Penduduk

Kobar

Desa Sei Kapitan Siapkan Lahan Pembangunan Lanal
error: Content is protected !!