Home / Kobar

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:53 WIB

Komisi V DPR RI Dorong Percepat Pembangunan Bandara Baru Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Komisi V DPR RI menanggapi serius rencana pembangunan bandara baru yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar di Desa Sebuai Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar. Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI Ibnu Munzir dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Kobar, Kamis (17/1).

“Pembangunan bandara baru yang digagas Pemkab Kobar ini menjadi salah satu komitmen kami untuk mendorongnya agar menjadi segitiga pengamanan ekonomi wilayah sekitar, apalagi bandara baru di Kobar memang sudah sangat diperlukan. Pasalnya untuk memperpanjang runaway Bandara Iskandar Pangkalan Bun yang ada saat ini sudah tidak memungkinkan,” kata Ibun Munzir.

Menurutnya, keberadaan runaway di bandara yang ada saat ini tidak bisa dilakukan lantaran disisi depannya sudah jurang dan dibelakang merupakan jalan menuju Kumai. Sehingga mendaratkan pesawat berbadan lebar di Kotawaringin Barat, minimal memiliki panjang 2.600 meter.

Baca Juga :  Dalami Kasus Penganiayaan Orangutan, 6 Orang Saksi Diperiksa Polisi

“Karena itu saat ini untuk mewujudkannya kita melakukan perubahan status kawasan yang akan dijadikan Bandara Sebuai, dengan terlebih dahulu harus di buat tata ruang, sehingga prosesnya mudah dijalankan,”paparnya.

Baca Juga :  Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Isi Waktu Bercocok Tanam

Sementara Bupati Kobar Nurhidayah mengatakan, bahwa pada tahun 2019 ini Bandara Sebuai masuk dalam rencana kerja ABPN. Karena itu kehadiran Komisi V DPR RI ini diharapkan untuk mendorong dan membantu masalah teknis yang akan disiapkan, karena ini berkaitan dengan pelepasan status kawasan.

“Tahun 2019 ini penurunan status kawasan diharapkan masuk dalam pembahasan,”kata Nurhidayah. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Bupati Tegaskan Perencanaan Pembangunan Harus Sesuai Visi dan Misi

Kobar

Kusnan Jabat Kalapas Pangkalan Bun

Kobar

Kerusakan Jalan Akses Desa Aruta Semakin Parah

Kobar

Pangdam XII Tanjung Pura Tinjau Lokasi Karhutla di Wilayah Kobar

Kobar

Gudang Pupuk di Kumai Terbakar

Kobar

Giat Operasi Antik Polres Kobar Bekuk 9 Pengedar Sabu

Kobar

Melanggar Lalin, Sejumlah Pengendara Ditilang

Kobar

Duh! JPU Baru Tahu Saksi Meninggal, Sidang ASN Terpaksa Ditunda Minggu Depan