RSUD Imanuddin Berharap BPJS Kesehatan Gencar Sosialisasi Prosedur Berobat

0
2 views

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berharap BPJS Kesehatan gencar sosialisasi ke masyarakat terkait prosedur dan tata cara penggunaan BPJS saat berobat. Harapan ini diutarakan langsung Plt Direktur RSUD Imanuddin dr Fachrudin, Selasa (11/12/2018).

“Sosialisasi pemanfaatan BPJS sangat penting, karena BPJS ini sistem rujukannya bersifat harus. Kalau misalkan tidak harus, maka diarahkan lewat puskesmas dulu. Tidak langsung ke rumah sakit. Karena ada beberapa kriteria penyakit yang bisa di tangani puskesmas, apabila tidak bisa ditantani puskesmas baru ke rumah sakit,”ungkap Fachrudin kepada Kalteng Ekspres.com.

Ia menjelaskan, hal ini disampaikannya karena kebanyakan masyarakat belum memahami. Sehingga banyak yang memilih langsung berobat ke rumah sakit walau hanya menderita penyakit biasa yang seharusnya ditangani puskesmas.

“Untuk itu lah kita harapkan BPJS memperbanyak sosialisasi secara rutin kepada masyarakat terkait hal ini. Supaya masyarakat memahami rujukan dan prosedur prosedurnya serta manfaat BPJS itu,”ucapnya. (aro)