Home / Seruyan

Senin, 12 November 2018 - 14:38 WIB

Legislator Seruyan Minta Pemprov Beri Kewenangan Daerah Awasi PBS

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta Pemerintah Pusat agar memberikan kewenangan untuk mengawasi Perusahaan Besar Swasta (PBS) baik perkebunan kelapa sawit maupun pertambangan.

“Dibatasnya kewenangan daerah mengawasi PBS menjadi kendala utama bagi kita. Karena secara otomatis pemerintah kita tidak punya wewenang lagi terhadap pengawasanan PBS perkebunan. Lantaran kebijakan ini sudah diambil alih oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng,” kata anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Senin (12/10).

Baca Juga :  Bacok Warga, Dua Remaja Katingan Ini Dibekuk Polisi

Ia mengatakan, sejak wewenang pengawasan PBS perkebunan diambil oleh Pemprov Kalteng, Pemkab Seruyan kesulitan untuk memonitor pengoperasian dari pihak PBS.

“Pengawasan kita jadi kurang maksimal karena terkendala aturan tersebut, kalau sebelumnya kita masih bisa melakukan pengawasan agar pengoperasian PBS itu bisa berjalan baik dan sesuai aturan,”ujarnya.

Baca Juga :  Camat Dusun Hilir Sebut Berita Bawahannya Jarang Ngantor Fitnah

Karena itu ia berharap pihak Pemprov Kalteng bisa segera mengembalikan kewenangan pengawasan PBS perkebunan kepada pemerintah kabupaten.

“Seharusnya Pemkab juga diberikan kewenangan, karena PBS itu kan domisilinya di kabupaten, jadi akan sangat mudah jika Pemkab diberikan wewenang untuk mengawasi PBS yang beroperasi di daerahnya,”tandasnya. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Tak Miliki Kelengkapan Surat, Ratusan Pengendara di Seruyan Ditilang

Seruyan

Bupati Harapkan Petani Seruyan Berinovasi

DPRD Seruyan

Dewan Imbau Instansi Terkait Sosialisasikan Pencaker Seruyan

Seruyan

Polres Seruyan Salurkan Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Seruyan

Pemkab Seruyan Gagas Pembuatan Buku Pahlawan Kapten Mulyono

Seruyan

Tiga Belas CJH Seruyan Bertolak ke Tanah Suci

Seruyan

Diterjang Arus Riam, Warga Kumai Tenggelam di Sungai Seruyan

Seruyan

Waganet Seruyan Tanggapi Positif Kepemimpinan Pjs Bupati