Home / Kobar

Rabu, 7 November 2018 - 17:23 WIB

Bupati Panen Buah Naga Hasil Budidaya Poktan Margotani

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah bersama suami H. M Ruslan AS melakukan panen buah naga di kebun milik Safi’i kelompok tani (poktan) Margotani di RT 4, Desa Sungai Tendang, Kecamatan Kumai, Rabu (7/11/2018).

Bupati mengatakan, rasa bangganya dan mengapresiasi kepada Poktan Margotani binaan Safi’i yang sukses dalam berkebun buah naga seluas 3 haktare dengan jumlah pohon 2.000 lebih.

“Karena selain sawit dan karet yang menjadi andalan Kobar. Komoditas lain juga harus bisa lebih sukses, dan buah naga Ini salah satu contohnya, pemkab bersama dinas terkait selalu mencari solusi agar pertanian di Kobar bisa berkembang dan maju,”kata Nurhidayah.

Baca Juga :  Pembakar Lahan di Kumai Diciduk Polisi

Nurhidayah menjelaskan, selama ini masih banyak petani yang sering mengeluh. Terutama saat mengalami gagal bertani, sehingga mereka beralih menanam tanaman yang lain.

“Kita harus belajar dengan daerah lain mereka gagal tapi terus berusaha untuk mencari terobosan agar bisa berhasil. Salah satu contoh seperti Safi’i dengan buah naganya ini,”ucapnya.

Ia berharap ke depan, buah naga ini bisa diproduksi lebih banyak lagi khususnya di Kobar, Saat ini sudah banyak warga yang mulai menanam buah naga di pekarangannya masing-masing.

Baca Juga :  Curi Kelapa Sawit, Pasutri di Kotim Diciduk Polisi

Sementara Syafii mengatakan, sudah dua tahun terakhir ini, dirinya dan keluarga mencoba keberuntungan dengan menanam buah naga di tanah seluas 3 hektare. Harga jual buah naga sangat bagus dan panennya tidak mengenal musim atau terus menerus.

“Kalau saat ini harga jualnya Rp20 ribu per kilogramnya, jika pembeli langsung datang dan ambil sendiri ke kebun. Kebanyakan penjual di pasar langsung membeli sendiri kesini dan memetiknya. Kalau harga diluar harga jualnya bisa mencapai Rp30 ribu,” ujar Syafii warga Banyuwangi Jatim ini. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

BPS Kobar Gandeng Polisi Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

Kobar

6 Bulan, Ratusan Warga Kobar Terserang DBD

Kobar

Pasca Kabut Asap, Pengendara Diminta Jaga Keselamatan

Kobar

Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong dan Telur Mulai Naik

Kobar

BPRS Kalteng Nilai Pelayanan RSUD Imanuddin Sangat Bagus

Kobar

Pria Bejat di Kobar Setubuhi Anak Tiri

Kobar

Tim Gabungan Sasar Pelanggar Prokes

Kobar

Puluhan Pengendara Terjaring Razia Rutin