Home / DPRD Kota

Kamis, 22 November 2018 - 03:28 WIB

ASN Diminta Jaga Netralitas dalam Pemilu

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  Jelang pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, aparatur sipil negara (ASN) diminta tetap menjaga netralitas dan tidak mendukung salah satu pihak.

Hal ini diutarakan Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra. Dia berharap netralitas ASN tidak diganggu-gugat.

Hal itu terlebih berdasarkan Undang-undang No 5 tahun 2014 tentang aparatur negara, yang mewajibkan setiap ASN untuk netralitas. Dalam rangka memenuhi kode etik dimana salah satunya dilarang melakukan perbuatan yang mengarah kepada keberpihakan.

Baca Juga :  Tiga Buah Raperda Inisiatif Dewan Hampir Rampung

”Saya ingatkan jaga netralitas ASN, jangan mendukung terhadap salah satu calon atau mengindikasikan terlibat politik praktis, atau berafiliasi dengan partai politik.Dalam pemilu 2019 tentu kita harapkan minim pelanggaran dilakukan ASN. Sebab belajar dari pilkada yang lalu dimana ada oknum ASN Palangka Raya yang kedapatan melakukan pelanggaran,”ungkap Beta, Rabu (21/11).

Beta yakin jika pada pemilu akan datang mentalitas dan netralitas ASN di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya mampu terjaga.

Baca Juga :  Peningkatan Sektor Olahraga Perlu Sinergitas Bersama

“Negara tidak mau mengambil resiko terhadap potensi pelanggaran, dan kita dukung itu. Pemerintah membutuhkan penyelenggaraan pemilu yang profesional dan objektif,”ujarnya.

Ia menambahkan perlu terus melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan larangan ASN terlibat dalam kegiatan pemilu.

“Ingat Bawaslu Kalteng juga menjelaskan jika ASN dilarang mengunggah, menanggapi (like atau komentar) di status media dan foto bersama calon legislatif atau peserta pemilu. Jadi harus bersama-sama membangun kesadaran terhadap pentingnya menjaga netralitas dalam pemilu,”tandasnya.(dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Masyarakat Diimbau Ikuti Protokol Kesehatan Dalam Merayakan Natal

DPRD Kota

Ketua DPRD Kota Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Umat Beragama

DPRD Kota

Dewan Harapkan Wali Kota Fokus Visi dan Misinya

DPRD Kota

Dewan Dorong Dibukanya Objek Wisata Sungai Batu

DPRD Kota

Dewan Desak Penataan Parkir di Kawasan Taman Kuliner

DPRD Kota

Dewan Kota Sepakat Bahas Dua Raperda

DPRD Kota

Dewan Minta Rumah Sakit Perhatikan Kebutuhan Dasar

DPRD Kota

Jelang Pilkada, Penerapan Protokol Kesehatan Harus Dimaksimalkan
error: Content is protected !!