Home / Seruyan

Rabu, 31 Oktober 2018 - 15:01 WIB

Mantap..Diskan Seruyan Berhasil Budidaya Pembibitan Ikan Belida

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Seruyan, berhasil melakukan pembibitan ikan yang manjadi ikon dari Seruyan yaitu ikan belida.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita, karena Seruyan manjadi satu-satunya daerah se-Indonesia dalam skala daerah yang berhasil mengembangkan pembibitan ikan belida (pipih),” kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Rabu (31/10).

Ia mengatakan, keberhasilan ini merupakan kabar bahagia bagi Kabupaten Seruyan. Disamping itu keberhasilan tersebut juga menjadikan ikan yang sudah tergolong sulit untuk didapatkan bisa dikembangbiakan lagi pembibitannya, sehingga merupakan suatu solusi untuk pengembangannya ke depan.

Baca Juga :  Aset Jalan Konsorsium Diserahkan ke Pemkab Kobar

“Untuk kedepannya jika pembibitan ini sudah terbukti sukses untuk menambah populasi ikan pipih di Seruyan, kepada dinas terkait agar bisa mengembangkan kembali dalam skala yang lebih besar,”ujar Yulhaidir.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikan Kabupatem Seruyan Abu Hasan Asari mengatakan, bahwa dukungan dari pemerintah daerah sendiri sudah maksimal.

Baca Juga :  Kebakaran Meluas di Kobar, Giliran Lahan di Pasir Panjang Dilalap Jago Merah

“Bupati Seruyan menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk program ini, karena ini sudah berhasil, berarti untuk tahun depan kita sudah bisa dan tidak coba-coba lagi,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan, ikan nelida ini merupakan ikon dari Kabupaten Seruyan agar kedepannya bisa dijaga dan dilestarikan populasinya. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Wabup Seruyan: Dua Raperda Inisiatif DPRD Sesuai Persyaratan

Seruyan

Terkendala Cuaca, Nelayan Seruyan Enggan Melaut

Seruyan

Bupati Nyatakan Perayaan HUT Seruyan Ikuti Protokol Kesehatan

Seruyan

Safari Ramadhan di Desa Rantau Pulut, Pjs Bupati Berpesan Jaga Persatuan

Seruyan

Diduga Dimangsa Buaya, Warga Seruyan Tengah Ditemukan Tewas Mengenaskan

Seruyan

Dua Perwira Polres Seruyan Dimutasi

Seruyan

Ditabrak Saat Berbelok, Penumpang Sepeda Motor Tewas

Seruyan

Truk Adu Kuat, Dua Sopir Terkapar di Kabin