Dinas PUPR Kapuas Bakal Sulap Kawasan Kumuh TPA Jadi Taman Indah

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com -Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kapuas bakal menyulap kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Handel Palinget Kapuas untuk dijadikan wahana yang menarik.

Salah satunya taman yang dijadikan sebagai objek wisata Kabupaten Kapuas. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kesan kumuh serta menjadikan lumbung pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kapuas.

“Selain taman, kita juga akan membuat tempat wisata berkuda, outbound, dan agrowisata, juga dalam waktu dekat kita bangun sekolah TK dan PAUD di TPA ini. Tujuannya selain menghilangkan kesan kumuh, juga untuk memperindah kawasa TPA serta dijadikan buat menghasilkan PAD,” ujar Kabid Pertamanan dan Kebersihan (PK) Dinas PUPR Kapuas, Ahmad Isnaeni, Selasa (7/8).

Pria yang akrab disapa Isnaeni ini juga menambahkan, saat ini luas TPA setempat sekitar 11 hektare. Ke depan akan diupayakan untuk penambahan areal menjadi 20,8 hektare, agar bisa memperluas tempat pembuangan sampah dan bangunan lain yang mendukung program PK tersebut.

“Rencana kita tambah luas 9,8 hektare, saat ini luasnya 11 hektare. Kalau tidak ditambah, sekitar 3 tahun penampunga sampah penuh,” katanya.

Ditanya pembangunan TK dan Paud, Isnaeni mengaku segera dibangun. Sekolah itu nantinya akan membantu anak-anak keluarga mampu para pemulung dan warga tiga desa dekat TPA.

“Sekolah gratis dan di sekolah itu akan diajarkan serta ditanamkan nilai-nilai tentang bagaimana mengelola sampah dengan baik, dari tingkat keluarga hingga TPA. Sosialisasi dampak baik dan buruknya sampah, serta pengelolaannya kepada anak sejak dini,” tandasnya.(so)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here