Home / Seruyan

Senin, 6 Agustus 2018 - 21:55 WIB

Cegah Karhutla, Kodim 1015 Sampit Upayakan Penanggulangan Dini

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com –¬†Memasuki musim kemarau di dua wilayah yakni Kabupaten Seruyan dan Kotawaringin Timur (Kotim), Kodim 1015 Sampit berupaya mencegah maupun mengatasi kejadian tersebut sejak dini.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1015 Sampit Letkol Infantri Sumarlin Marzuki. Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayahnya, salah satunya dengan mengimbau seluruh komponen masyrakat untuk ikut serta mengawasi karhutla yang ada di Seruyan.

“Beberpa wilayah yang sudah klasik daerah-daerah gambut sering terjadi karhutla, sehingga semakin banyaknya hotspot ini otomatis kita siagakan, statusnya dinaikan menjadi siaga darurat, upaya jangan sampai terjadi karhutla,”ungkap Sumarlin Marzuki di Kuala Pembuang, Senin (6/8/2018).

Selain mengimbau lanjut dia, pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan seluruh elemen baik kepolisian dan instansi terkait lainnya serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla.

“Kita tidak bisa sendiri, seperti jari kalau hanya satu jari itu tidak cukup kuat namun kalau 10 jari disatukan akan lebih kuat,”ujarnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengimbau kepada masyrakat agar menghindari membakar hutan dan lahan secara sengaja, masih ada opsi lain membuka lahan, dan apa bilaada disekitarnya terjadi kebakaran baik sengaja atau tidak segera diatasi secara dini dan dilaporkan kepada Satgas. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Panwaslu Seruyan Deklarasi Melawan Politik Uang dan Isu Sara

Seruyan

Pemkab Seruyan Raih 3 Piagam Penghargaan Kemenpan RI

Seruyan

Puluhan Personel Polres Seruyan Disiagakan di Titik Rawan

Seruyan

Dewan Ajak Masyarakat Deklarasikan Pemilu Damai 2019

Seruyan

Pj Kepala Desa Lanpasa Bagikan Masker Kepada Warga

Seruyan

Dewan Imbau Petani Pelihara Bantuan Alsintan

Seruyan

Pengaruh Miras, Seorang Pria di Seruyan Nyaris Perkosa Istri Tetangganya

Seruyan

Desa Sungai Undang Resmikan FKPM