Home / Seruyan

Senin, 6 Agustus 2018 - 21:55 WIB

Cegah Karhutla, Kodim 1015 Sampit Upayakan Penanggulangan Dini

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com –¬†Memasuki musim kemarau di dua wilayah yakni Kabupaten Seruyan dan Kotawaringin Timur (Kotim), Kodim 1015 Sampit berupaya mencegah maupun mengatasi kejadian tersebut sejak dini.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1015 Sampit Letkol Infantri Sumarlin Marzuki. Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayahnya, salah satunya dengan mengimbau seluruh komponen masyrakat untuk ikut serta mengawasi karhutla yang ada di Seruyan.

“Beberpa wilayah yang sudah klasik daerah-daerah gambut sering terjadi karhutla, sehingga semakin banyaknya hotspot ini otomatis kita siagakan, statusnya dinaikan menjadi siaga darurat, upaya jangan sampai terjadi karhutla,”ungkap Sumarlin Marzuki di Kuala Pembuang, Senin (6/8/2018).

Baca Juga :  Datangkan Runner Up Putri Indonesia Kalteng, Pelatihan Layanan Prima Polres Barsel Diikuti Antusias

Selain mengimbau lanjut dia, pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan seluruh elemen baik kepolisian dan instansi terkait lainnya serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla.

“Kita tidak bisa sendiri, seperti jari kalau hanya satu jari itu tidak cukup kuat namun kalau 10 jari disatukan akan lebih kuat,”ujarnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengimbau kepada masyrakat agar menghindari membakar hutan dan lahan secara sengaja, masih ada opsi lain membuka lahan, dan apa bilaada disekitarnya terjadi kebakaran baik sengaja atau tidak segera diatasi secara dini dan dilaporkan kepada Satgas. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Pemkab Seruyan Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Seruyan

Dewan Imbau Masyarakat Tidak Terpengaruh Isu Hoax

Seruyan

Pengamanan Pelabuhan Segintung Diperketat

Seruyan

Pemkab Seruyan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Seruyan

Bupati Seruyan Dukung Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

Seruyan

Laka Tunggal, Mobil Dishub Kalteng Nyungsep ke Parit

Seruyan

Kakek Bejat Cabuli Anak Gadis Berusia 8 Tahun

Seruyan

Terkendala Akses Jalan, Warga Seruyan Hulu Sulit Pasarkan Hasil Kebun
error: Content is protected !!