Kapolres Imbau Masyarakat Waspada Kejahatan Rumah Kosong

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting mengimbau kepada warga yang akan melakukan perjalanan mudik atau libur lebaran untuk selalu waspada terhadap aksi kejahatan pencurian rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya.

“Mengingat banyaknya warga yang mungkin akan berlibur atau mudik lebaran, maka kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai aksi pencurian rumah kosong ini,” katanya di Kuala Pembuang, Rabu (13/6/2018).

Ia mengatakan, kejahatan dengan mengincar rumah kosong bukanlah modus baru. Dalam kasus pencurian rumah kosong di berbagai daerah, sebelum melancarkan aksinya, pelaku terlebih dulu akan mengamati obyek yang jadi sasaran aksi pencurian.

“Jika diketahui rumah dalam kosong, dan lingkungan sekitarnya dalam keadaan sepi, baru pelaku langsung masuk dengan berbagai cara.Sebagai antisipasinya, warga yang hendak meninggalkan rumah untuk berlibur, mudik lebaran atau keperluan lain dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya menitipkan rumahnya kepada pihak keluarga atau tetangga sekitar rumah,”ujarnya. 

Ia menambahkan, setiap warga yang akan bepergian ke luar kota juga hendaknya tidak lupa untuk memastikan bahwa rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman, yakni dengan mematikan kompor, mencabut tabung gas, dan juga listrik-listrik yang masih menyala.

“Hal ini penting juga, jangan meninggalkan barang-barang berharga di rumah yang sedang kosong,”paparnya.

Kepada warga yang tidak melakukan mudik lanjut dia, diharapkan agar dapat bekerjasama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masing-masing, termasuk dapat membantu mengawasi rumah tetangga yang ditinggal bepergian. 

“Kami harapkan warga masyarakat setempat bisa bekerja sama lagi dengan pihak kepolisian, laporkan segera bila ada gerak-gerik yang mencurigakan, jangan sampai menunggu ada kejadian yang tidak diinginkan,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here