Kadispar Kalteng Sebut FBIM Setiap Tahun Semakin Baik

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kalteng Guntur Talajan menyebut, kualitas dan kuantitas pagelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalteng tahun ini semakin membaik dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Perbedaannya dengan tahun lalu sangat signifikan baik dari jumlah peserta, jumlah lomba tahun ini ditambah dua cabang, yakni mengukir patung sepundu dan membuat telawang,”ujarnya seusai membuka lomba bagasing di Stadion Panunjung Tarung, Jum’at (4/5/2018).

Ia menjelaskan, dari segi kuantitas lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya dilihat dari puluhan ribu pengunjung yang menghadiri acara, dan jumlah peserta saat karnaval pembukaan FBIM Kalteng.

“Untuk peserta ada tiga ribu dan yang mengikuti pawai hampir lima ribu lebih, ini yang luar biasa,” katanya. 

Sedangkan dari segi kualitas penampilan, ia mengatakan, sudah sangat baik terutama tarian daerah sangat luar biasa sehingga dapat memukau pengunjung dan lebih mengenalkan tarian serta kebudayaan dari pedalaman Kalteng.

Ia mengharapkan, dengan adanya festival akan berdampak baik bagi pariwisata di Kalteng khususnya Kapuas sebagai tuan rumah FBIM Kalteng dan kini tinggal bagaimana cara kapuas membenahi sektor pariwisitanya.

“Saat festival ini saja saya dengar katanya kuliner atau restoran dan rumah makan hampir semuanya setiap malam habis jualannya,”paparnya.

Ia juga berterimakasih kepada kabupaten Kapuas karena sudah memberikan sambutan yang baik pada tamu yang datang dan bahkan ada yang diinapkan di rumah penduduk.

“Harapan saya kedepan di Kapuas bisa ada Hotel berbintang, sehingga apabila Kedepan diadakan event tingkat nasional maupun provinsi, tamu-tamu dari luar daerah bahkan mancanegara bisa bermalam disana,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here