Asik Bertransaksi Zenith, Dua Warga Pembuang Hulu Dibekuk Polisi

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kobar membekuk dua orang warga Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan bernama Kaspul Anwar (43) dan Muhammad Efendy (39).

Keduanya ini ditangkap saat sedang melakukan transaksi obat zenith di sebuah warung Jalan A Yani KM 67 Desa Sungai Pakit Kecamatan Pangkalan Banteng, Selasa (15/5) sore. Dari tangan kedua tersangka ini diamankan sebanyak 610 butir obat zenith yang telah dikemas dan siap dijual. 

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy melalui Kasatnarkoba Iptu Triyono Raharja mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku ini berawal saat pihaknya bersama dengan anggota Polsek Pangkalan Banteng melakukan penyelidikan peredaran obat zenith di wilayah Desa Sungai Pakit Kecamatan Pangkalan Banteng. Karena sebelumnya, anggota telah menerima informasi bahwa akan ada transaksi obat zenith dari pelaku di daerah setempat. 

“Saat melakukan penyelidikan sekitar pukul 15.00 WIB, kita langsung menangkap kedua pelaku di TKP.  Setelah dilakukan penggeledahan ditas pelaku ditemukan barang bukti (barbuk) obat zenith. Selanjutnya barbuk yang ditemukan bersama dua tersangka diamankan ke Mapolres Kobar untuk dimintai keterangan sekaligus mempertangungjawabkan perbuatannya,”ungkap Triyono kepada sejumlah awak media Rabu (16/5).

Akibat perbuatan ini, kedua tersangka dijerat pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo. Permenkes 7 tahun 2018 dan atau pasal 197 dan atau pasal 196 Undang-Undang RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here