Sebaran Karhutla Meluas, Terpantau Tujuh Titik Api Baru

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim Satgas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) selama beberapa hari terakhir bekerja keras memadamkan sebaran titik api kebakarakan hutan dan lahan (karhutla) yang terus meluas di Kabupaten Kobar. Pasalnya, berdasarkan data terbaru yang dihimpun, sebaran titik api terpantau ada tujuh titik api baru di Kobar.

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat memimpin Rakoor Satgas Penanggulangan Karhutla bersama FKPD dan seluruh perusahaan di Kobar, Selasa (20/2).

“Informasi yang kita terima dari petugas terkait berdasarkan pantauan satelit. Titik api yang semula pada pagi masih dua. Siang hari ini sudah bertambah menjadi tujuh titik api. Ini tersebar dibeberapa wilayah,”ujar Wakil Bupati (Wabup) Kobar Ahmadi Riansyah ketika dimintai keterangan sejumlah awak media seusai menghadiri rapat koordinasi Satgas di Aula Pemkab Kobar, Selasa (20/2/2018).

Menurut Ahmadi, untuk menanggulangi peristiwa tersebut, sampai saat ini Tim Satgas Kobar masih bekerja keras di lapangan melakukan pemadaman dengan mengerahkan seluruh personel, kemudian menggunakan pelaratan yang dimiliki. Hanya saja kata dia, upaya pemadaman terkendala jika kejadian kebakaran lahan tersebut berada ditengah hutan yang jauh dari akses ruas jalan.

“Karena itu lah,menyikapi kendala ini kami telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng agar bisa melakukan pemadaman water boombing melalui jalur udara,”papar Ahmadi.

Pada kesempatan itu ia mengajak seluruh masyarakat Kobar agar terlibat melakukan pencegahan dan penanggulangan di lapangan. Sehingga sebaran api di Kobar ini tidak bertambah meluas. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here