Lima Hektar Lahan di Kelurahan Baru Diamuk Jago Merah

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kebakaran lahan terjadi di sekitar Jalan Arut (Sungai Tatas)  RT 6 Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Minggu (11/2/2018).

Api saat melalap habis lahan warga.

Akibat kejadian ini sedikitnya 5 hektar (Ha) lahan milik warga di daerah setempat dilalap si jago merah. Kejadian ini diduga karena ulah oknum warga yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion melalui Kasi Penanggulangan Bencana Fahrul ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, kejadian kebakaran lahan ini sudah ditangani petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kobar serta BPBD Kobar, dengan mengerahkan beberapa unit mobil Damkar.

“Api berhasil dipadamkam tiga jam kemudian. Dari kejadian ini kurang lebih sekitar 5 Ha lahan yang terbakar. Untuk penyebab kejadian belum diketahui dengan pasti. Namun diindikasi karena pembukaan lahan oleh masyarakat,”ujarnya Minggu (11/2/2018).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni. Kasatpol PP yang baru menjabat ini juga mengakui adanya kejadian tersebut. Bahkan ia saat kejadian langsung terjun ke lokasi memimpin langsung upaya pemadaman di lapangan. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here