Ketua TP-PKK Seruyan Ajak Masyarakat Menanam Tumbuhan Berkasiat Untuk Obat

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Seruyan Dra Hj Ratna Mustika Sudarsono mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Seruyan untuk menanam tumbuhan yang berkasiat untuk obat di lingkungannya masing-masing.

“Sebenarnya ini sudah sudah program dari awal tapi kita ingin mengajak kembali masyarakat yang belum menanam tanaman untuk obat di lingkungannya untuk bisa ikut dalam program ini, ” kata Ratna Mustika saat dikonfirmasi melalui via whatsapp, Selasa (13/02/2018).

Ia menjelaskan, tanaman yang ditanam di halaman rumah, maupun kebun bisa ditanam di dalam pot yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan.

“Tanaman obat keluarga juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan di sekitar rumah dan kebun. Di era sekarang semakin banyak keluarga yang sadar betul manfaat dari tanaman obat itu sendiri. Sedangkan di Indonesia pemanfaatan tanaman obat ini sdh berlangsung sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu,”terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa menanam tanaman obat juga memiliki banyak keuntungan seperti, Sebagai penghijauan halaman rumah yang sangat bermanfaat bagi kesegaran lingkungan sekitarnya.
Sebagai persediaan obat-obatan alami, Sebagai bahan persediaan kebutuhan dapur, Memanfaatkan daun yang berguguran dan sampah organik sebagai pupuk organik, bagi tanaman.

“Kalau jenis tanaman obat itu banyak contohnya lidah buaya,tanaman kumis kucing, kemangi bahkan Tanaman liar seperti ilalang pun bisa di jadikan obat,”jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa kelanjutannya dari program ini adalah mendorong warga agar bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menunjang ketahanan pangan keluarga. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here