Home / Kobar

Kamis, 18 Januari 2018 - 15:31 WIB

Maret 2018, Bansos Rastra Bagi Warga Tidak Mampu Dihentikan

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Gusti Nur Aini, mengungkapkan mulai Maret 2018, bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) dihentikan dan digantikan dengan bantuan pangan non tunai.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan penyaluran bansos rastra 2018 bagi warga tidak mampu di Kelurahan Mendawai, Kamis (18/01/2018) di Gedung Bakuba Pangkalan Bun. Diketahui, ada sebanyak 3,240 Kilogram rastra yang bagikan saat itu yang merupakan bantuan untuk periode Buan Januari dan Februari 2018.

Nantinya, bansos rastra itu akan disalurkan kepada 324 KPM (keluarga penerima manfaat) yang masing-masing akan mendapatkan 10 Kilogram secara gratis tanpa ada biaya tebusan.

Baca Juga :  Dewan Sahkan Empat Ranperda Baru Jadi Perda

“Bantuan beras ini merupakan bantuan beras terakhir dari Pemerintah, sebab mulai Maret 2018 hingga seterusnya bantuan rastra berganti menjadi bantuan pangan non tunai, yang mana nantinya para KPM akan menerima kartu merah putih, yaitu sejenis kartu ATM hasil dari kerja sama Kemensos dengan Bank Mandiri.

“Setiap bulannya KPM akan menerima uang sebesar Rp.110 ribu, namun uang tersebut tidak bisa di tunaikan dalam bentuk uang, hanya bisa digunakan untuk membeli tiga jenis barang yaitu beras, telur, atau minyak goreng,” katanya.

Baca Juga :  Gudang Toko Baju Serba 35 Ribu Terbakar 

Sementara itu Kepala Cabang Bank Mandiri Pangkalan Bun, Arief Indra Kurniawan mengatakan untuk mempermudahkan penggunaan kartu merah putih pihaknya akan menjadikan warung-warung sembako di beberapa beberapa wilayah yang terdapat KPM untuk dijadikan agen.

“Nanti beberapa warung akan kita jadikan agen, serta Bulog juga, jadi ketika KPM ingin belanja ketiga item tersebut tinggal datang ke Bulog atau warung yang menjadi agen Bank Mandiri untuk menggesek kartu merah putih tersebut,” ungkapnya saat ditemui pada acara penyaluran bansos rastra di gedung Bakuba Kelurahan Mendawai tersebut. (dri)

Share :

Baca Juga

Kobar

Hantam Mobil Mogok, Bocah 5 Tahun Tewas

Kobar

Curi Ponsel Warga Mendawai, Pria Baboal Baboti Diringkus Polisi Saat Pulang Kampung

Kobar

Dilarang Liput Sidang Vonis, Sejumlah Wartawan Geruduk Kantor PN Pangkalan Bun

Kobar

Polres Kobar Awasi Karhutla Enam Kecamatan

Kobar

Pemkab Kobar Apresiasi Turnamen Pasir Panjang Cup

Kobar

Hantam Truk, Pengemudi Mobil Brio Tewas 

Kobar

Pria Paruh Baya Tewas Laka Tunggal Usai Minum Miras

Kobar

Gubernur Kalteng Tinjau Pembangunan Pile Slab Jalan Kolam