Home / Kobar

Kamis, 18 Januari 2018 - 15:31 WIB

Maret 2018, Bansos Rastra Bagi Warga Tidak Mampu Dihentikan

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Gusti Nur Aini, mengungkapkan mulai Maret 2018, bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) dihentikan dan digantikan dengan bantuan pangan non tunai.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan penyaluran bansos rastra 2018 bagi warga tidak mampu di Kelurahan Mendawai, Kamis (18/01/2018) di Gedung Bakuba Pangkalan Bun. Diketahui, ada sebanyak 3,240 Kilogram rastra yang bagikan saat itu yang merupakan bantuan untuk periode Buan Januari dan Februari 2018.

Nantinya, bansos rastra itu akan disalurkan kepada 324 KPM (keluarga penerima manfaat) yang masing-masing akan mendapatkan 10 Kilogram secara gratis tanpa ada biaya tebusan.

Baca Juga :  4 Rumah Warga Kobar Diamuk Jago Merah

“Bantuan beras ini merupakan bantuan beras terakhir dari Pemerintah, sebab mulai Maret 2018 hingga seterusnya bantuan rastra berganti menjadi bantuan pangan non tunai, yang mana nantinya para KPM akan menerima kartu merah putih, yaitu sejenis kartu ATM hasil dari kerja sama Kemensos dengan Bank Mandiri.

“Setiap bulannya KPM akan menerima uang sebesar Rp.110 ribu, namun uang tersebut tidak bisa di tunaikan dalam bentuk uang, hanya bisa digunakan untuk membeli tiga jenis barang yaitu beras, telur, atau minyak goreng,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Mura Minta Masyarakat Peduli Pendidikan Anaknya

Sementara itu Kepala Cabang Bank Mandiri Pangkalan Bun, Arief Indra Kurniawan mengatakan untuk mempermudahkan penggunaan kartu merah putih pihaknya akan menjadikan warung-warung sembako di beberapa beberapa wilayah yang terdapat KPM untuk dijadikan agen.

“Nanti beberapa warung akan kita jadikan agen, serta Bulog juga, jadi ketika KPM ingin belanja ketiga item tersebut tinggal datang ke Bulog atau warung yang menjadi agen Bank Mandiri untuk menggesek kartu merah putih tersebut,” ungkapnya saat ditemui pada acara penyaluran bansos rastra di gedung Bakuba Kelurahan Mendawai tersebut. (dri)

Share :

Baca Juga

Kobar

Tabrak Pohon, Sopir Pikap Terjepit Kabin

Kobar

Diupah Rp 2 Juta, Kurir Nekat Selundupkan Sabu ke Kobar

Kobar

PDAM Tirta Arut Pangkalan Bun Rayakan HUT ke 27

Kobar

Polisi Kawal Pendistribusian Hasil Perhitungan TPS ke PPK

Kobar

Modus Pura-pura Membeli, Calon Pembeli Bawa Kabur Motor Sport

Kobar

Di TMMD, Personel Kodim Beri Wawasan Kebangsaan Masyarakat Aruta

Kobar

Warga Keluhkan Kerusakan Parah Ruas Jalan Kolam

Kobar

Dihantam Truk Fuso, Sopir Truk CPO Tewas