Home / Kobar

Rabu, 4 Oktober 2017 - 20:15 WIB

Rahmat Nasution Hamka: Jadi Anggota DPR-RI Harus Berani ‘Nakal’

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Anggota DPR-RI, Rahmat Nasution Hamka, menyatakan, menjadi wakil rakyat di Parlemen Senayan Jakarta, tak cukup bermodal berani saja. Menurutnya, menjadi wakil rakyat yang harus berurusan dengan banyak kementerian harus berani ‘nakal’ dalam arti berani bicara keras agar aspirasi rakyat daerah tak dipandang sebelah mata oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut ia sampaikan saat diskusi dengan sejumlah wartawan dalam kunjungannya ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Barat, di Pangkalan Bun, Rabu (4/10/2017) siang.

Baca Juga :  Empat Pemain Sepak Bola Kobar Masuk Tim Pra-PON Kalteng

Sikap ‘nakal’ menurutnya cukup efektif sehingga membuat kementerian terkait mitra kerjanya memperhatikan usulannya. Ia mencontohkan, ketika dirinya ngotot mengusulkan proyek cetak ladang dibanding cetak sawah di Kalimantan, yang memang secara tradisional merupakan petani lahan kering.

“Kementerian Pertanian akhirnya menurunkan tim Balitbangnya, untuk mengambil sampel tanah di Kotawaringin Barat, sebagai bahan kajian pengembangan pertanian lahan kering,” ujar anggota Komisi IV DPR-RI itu.

Ia berpendapat, sikap tegas perlu disampaikan karena kebutuhan masing-masing daerah pasti berbeda. “Tidak bisa disamakan, kondisi di Jawa dan luar Jawa,” lanjutnya.

Baca Juga :  Beredar Video Hoax Menyebut Dua Pemancing Tewas Dibunuh

Dalam masalah pertanian, misalnya, menurut Rahmat, tak bisa hanya diselesaikan dengan bantuan alsintan, seperti traktor tangan. “Kita perlu alat lebih berat, untuk mengangkat tunggul (akar pohon). Apalagi ada larangan membakar lahan.”

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, petani di Kalimantan butuh solusi jelas. Ketika dilarang membakar lahan, pemerintah harus memberi tahu cara lain, agar mereka tetap bisa bertani. (BO)

Share :

Baca Juga

Kobar

Kendaraan Beban Diatas 8 Ton Dilarang Tegas Melintas Jalan Kolam

Kobar

Dua Pria Diciduk Saat Asyik Menikmati Sabu

Kobar

Wujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan, DLH Sosialisasi Adiwiyata ke Pihak Sekolah

Kobar

Mendekati Ramadan, Harga Cabai Tembus Rp 70 Ribu Perkilo

Kobar

BPOM Kobar Bagikan Sembako Kepada Paman Pentol

Kobar

Bupati Kobar Ucapkan Selamat kepada Sugianto-Edy

Kobar

Ramaikan Kobar Expo, Narapidana Suguhkan Musik Tradisional

Kobar

Warga Aruta Tangkap Buaya Panjang 2 Meter