Home / Kobar

Senin, 6 November 2017 - 19:05 WIB

Wujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan, DLH Sosialisasi Adiwiyata ke Pihak Sekolah

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menggelar sosialisasi Adiwiyata, Senin (06/11/2017). Sosialisasi Adiwiyata yang digelar di aula Kecamatan Arut Selatan itu mengusung tema mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi meliputi guru-guru dari tingkat SD, SMP, Tsanawiyah, SMA,SMK, MAN.

Peserta poto bersama seusai kegiatan sosialisasi

Kepala Disdikbud, Ida Lailawati berharap, melalui sosialisasi Adiwiyata, anak-anak sekolah bisa menerapkan ilmu yang didapat ke lingkungan tempat tinggal mereka seperti membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Ia pun menghimbau agar para guru yang mengikuti sosialisasi Adiwiyata bisa berperan aktif sehingga program tersebut bisa sukses sesuai dengan harapan.

Baca Juga :  Air Laut Naik, Bupati Imbau Warga Waspada Berlibur ke Pantai

Sementara itu, Plt DLH Kabupaten Kobar, Agus Yuwono mengatakan, dicanangkannya program Adiwiyata oleh Kementerian Lingkungan Hidup, melalui Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 05 tahun 2013, tentang pedoman pelaksanaan program Adiwiyata, sehingga dapat mendorong dan membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan.

Ia menjelaskan, program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Baca Juga :  Polres Lamandau Ringkus Dua Remaja Pelaku Penggelapan dan Penadah Sepeda Motor

“Ada 4 komponen untuk mencapai tujuan program Adiwiyata yang.menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Yakni, kebjiakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengolahan sarana pendukung ramah lingkungan,”ujarnya.

Adapun kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan hingga sore hari. Ada dua pemberi materi atau nara sumber. Eko Martipilata dari DLH Provinsi Kalteng, dan Aulia Esti Wijiasih dari Kementerian Lingkungan Hidup. (Ghy)

Share :

Baca Juga

Kobar

Lagi, Pasien Positif Covid-19 Kobar Bertambah 2 Orang

Kobar

Warga Desa Tanjung Putri Tangkap Buaya Sepit

Kobar

Amankan Objek Wisata, Polres Tempatkan 32 Anggota di Pantai Kubu

Kobar

Wow..Sebelas Hari, Giat Operasi Zebra Jaring 1.191 Pelanggar

Kobar

Kunjungi Kobar, Kajati Ingatkan Pegawai Kejaksaan Harus Netral di Pilkada

Kobar

Warga Pasir Panjang Harapkan Pembangunan Bundaran dan Rambu-rambu Lalin

Kobar

Bawaslu Kobar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu 

Kobar

Beroperasi di Kawasan Pelosok, Tiga PSK dan Mucikari Diciduk Satpol PP Kobar