Warga Aruta Tangkap Buaya Panjang 2 Meter

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Warga Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Provinsi Kalimantan Tengah, menangkap buaya berukuran sepanjang 2 meter di Sungai Jampau. Buaya berjenis senyulong dengan berat 30 kilogram tersebut ditangkap warga, Sabtu (19/1) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Danil, karyawan perusahaan sawit mengatakan, penangkapan buaya tersebut berawal saat dirinya bersama teman sedang mencari ikan di Sungai Jampau dengan cara memasang jaring. Seusai memasing jaring, keduanya kembali ke Sungai malam hari, untuk mengangkat jaring yang mereka pasang sebelumnya.

“Ketika kami mengangkat jaring, bukannya ikan yang didapatkan, melainkan buaya dengan mulut menganga siap memangsa, terperangkap di dalam jaring kami,”ungkapnya Senin (21/1).

Melihat buaya ini lanjut dia, ia bersama temannya lari dan kembali pulang ke rumah untuk meminta bantuan kepada warga lain, guna mengangkat buaya tersebut dari dalam jaring.

Saat itu juga warga berdatangan bersama salah satu tokoh Suku Dayak Arut Utara mengamankan buaya tersebut dan dipelihara lebih dulu. Selanjutnya, tokoh tersebut akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyerahkan atau melepasliarkan kembali ke Sungai Jampau.

Terpisah, Darsani Alfius Mahi, tokoh Suku Dayak Arut Utara mengatakan, buaya tersebut sementara diamankan setelah itu pihaknya akan berkoordinasi dengan BKSDA Pangkalan Bun untuk memeliharanya.  “Sementara diamankan dan dikasih makan dulu. Nanti akan kami koordinasikan dengan pihak terkait,”ujarnya. (aro)