Kapal Dharma Kencana II Terbakar, 119 Penumpang Dievakuasi ke Kumai

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II tujuan Semarang-Pontianak, yang mengangkut 119 penumpang, dikabarkan terbakar di laut Jawa atau tepatnya di sekitar Perairan Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah Minggu (29/10/2017), sekitar pukul 04.45 Wib.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun sebanyak 119 penumpang termasuk dua bayi di dalamnya rencana akan dievakuasi ke Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai Kabupaten Koatawaringin Barat (Kobar).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kobar Petrus Rinda ketika dikonfirmasi Minggu (29/10/2017) membenarkan adanya rencana evakuasi tersebut. Menurut dia, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk proses pelaksanaan evakuasi ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

“Informasi yang kita terima, jika tidak ada kendala sebanyak 119 penumpang yang berhasil selamat itu rencananya dievakuasi ke Kumai mengunakan Kapal Kirana I tujuan Semarang-Kumai. Kapal tersebut dikerahkan, karena saat kejadian kapal ini sedang berangkat dari Semarang menuju Kumai. Jadi sekalian mengangkut para korban yang selamat,”ujar Petrus kepada Kalteng Ekspres.com.

Dijelaskan Petrus, kemungkinan besar para penumpang tersebut sampai di Kumai dini hari nanti. Nanti setelah berada di Kumai, para penumpang ini diangkut naik taksi ke Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar).

Terpisah Kepala Sub Seksi Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Marjuki ketika dikonfirmasi, juga membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia juga mengakui, jika rencananya para korban dievakuasi ke pelabuhan Panglima Utar Kumai menggunakan KM Kirana I. (hm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here