Home / Seruyan

Jumat, 22 September 2017 - 22:24 WIB

Ini Jumlah Tersangka dan Kayu Ulin Yang Diamankan Polres Seruyan

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Pembarantasan terhadap para pelaku pembalakan liar di wilayah Kabupaten Seruyan digalakan oleh anggota Polisi Resor (Polres) Seruyan. Buktinya selama sebulan ini, anggota Polres setempat telah menangkap para pelaku illegal logging ini.

Anggota Polres Seruyan sedang memperlihatkan tersangka dan Barbuk ribuan kayu ulin yang diamankan.

Tercatat sejak melaksanakan giat awal bulan lalu, sampai sekarang, sudah dua pelaku pembalakan liar yang berhasil ditangkap karena kedapatan sedang beraktivitas menebang pohon kayu ulin untuk dijadikan balok, kemudian dijual.

Dua tersangka yang merupakan warga Seruyan ini, bernama Lamudin dan Rantau. Selain dua pelaku ini, Polres Seruyan juga mengamankan sebanyak 2.755 pucuk kayu ulin berbentuk balok, kemudian 4 unit alat pemotong (chain saw), dan 6 pucuk senjata api rakitan.

Baca Juga :  Wow...Sudah 2.000 Pendaftar Siap Bersaing Merebut 281 Kouta Formasi CPNS Seruyan
“Para pelaku illegal logging ini beraksi di beberapa lokasi. Yakni Jalan Logging KM 175 dan 159 di Blok A dan B RKT Tahun 2016 Petak 78 L daerah Sungai Tekarau PT Serpatim. Dari lokasi itu setelah kita selidiki hanya berhasil mengamankan dua pelaku. Yang lain berhasil melarikandiri,”ungkap Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya saat menggelar rilis hasil tangkapan illegal logging di Mapolres Seruyan Jumat (22/9/2017).

Kapolres menjelaskan, para pelaku ini merupakan spesialis penebang kayu ulin, mengingat kayu jenis ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi serta sangat diminati di pasaran lokal.

“Berdasarkan informasi dari tersangka, kayu ulin tersebut ditebang kemudian dibuat balok ukuran 10×10 meter persegi. ¬†Kayu tersebut dijual kepada pembeli seharga Rp100 ribu per batang. Sehingga, jika dikalkulasi dengan jumlah kayu yang sudah berhasil diolah dan siap jual, maka diperkirakan pelaku dapat mengantongi sekitar Rp5,5 juta,”papar Nandang.

Diterangkanya, Alasan pelaku melakukan penebangan adalah untuk konsumsi pribadi dan jika ada lebihnya baru dijual.

“Saat ini pelaku beserta barang bukti sudah dibawa ke Polres Seruyan guna proses penyelidikan lebih lanjut,”tandas Nandang. (vs/hm)

Share :

Baca Juga

Seruyan

DPO Kasus Pemerkosa Warga Seruyan Diringkus

Seruyan

Pemkab Seruyan Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilgub Kalteng

Seruyan

KPUD Seruyan Deklarasi Kampanye Damai Bersama Paslon

Seruyan

Antisipasi Covid-19, Pemkab Seruyan Perketat Seluruh Pintu Masuk

Seruyan

Produksi Sampah Rumah Tangga Seruyan Capai 15 Ton

Seruyan

Susun APBD 2019, Pemkab Gelar Fokus Group Discussion

Seruyan

Lestarikan Budaya Lokal, DPK Seruyan Gelar Lomba Bercerita Anak

Seruyan

Masa Tugas Berakhir, Pjs Bupati Berpamitan dengan SOPD Seruyan
error: Content is protected !!