Mantap!! BPJS Kesehatan Sosialisasi JKN di Kobar

PANGKALAN BUN, Kalteng Ekspres.Com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sampit, menggelar sosialisasi program jaminan kesehatan nasional (JKN) ke masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar ini, dipimpin langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Tarmuji, pada Senin (14/8). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Hang Ali, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar Dwi Ratna Soeryandari, serta Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Suyuti Syamsul.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Tarmuji mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait program BPJS Kesehatan dan pelaksanaan program JKN yang telah dicanangkan pemerintah. Sehingga ke depan, masyarakat bisa mengerti dan memahami program yang dilaksanakan tersebut.
Selain itu lanjut dia, kegiatan sosialisasi ini juga untuk mendorong masyarakat agar sadar terkait pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Terutama dalam mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dalam kehidupannya. Sehingga masyarakat yang belum menjadi perserta, bisa tertarik menjadi peserta BPJS Kesehatan dan JKN.
“Untuk di Kobar pelayanan BPJS Kesehatan sudah berjalan dengan baik. Tinggal ke depan, pelayanan ini terus kita tingkatkan,”ujar Tarmuji saat dimintai keterangan seusai kegiatan sosialisasi kemarin.
Sementara saat dikonfirmasi terkait kendala pelayanan di Kobar. Ia menyebut, sejauh ini kendala yang dihadapi pihaknya pada segi pembayaran. Karena sampai dengan saat ini masih banyak peserta yang menunggak pembayaran ke BPJS Kesehatan di Kobar. Yakni sebesar kurang lebih 50 persen tunggakannya. Oleh sebab itu dirinya mengimbau kepada masyarakat peserta yang menunggak tersebut agar bersedia melunasi kewajibannya. Sehingga pelayanan jaminan kesehatan dari BPJS bisa berjalan lancar.
Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Dwi Ratna Soeryandari mengatakan, menyambut baik adanya sosialisasi program JKN yang dilaksanakan BPJS Kesehatan di wilayah Kobar. Dirinya berharap, dengan adanya sosialisasi ini ke depan, masyarakat Kobar yang belum menjadi peserta bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan dan JKN. Sehingga nantinya, tidak ada lagi masyarakat Kobar yang kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Baik itu masyarakat mampu maupun yang kurang mampu.
“Karena program JKN ini, merupakan program pemerintah. Yang harus diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat, khususnya di Kobar,”ungkapnya seusai kegiatan sosialisasi kemarin.
Senada juga disampaikan oleh Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Suyuti Syamsul. Dirinya berharap ke depan pelayanan BPJS Kesehatan bisa terus ditingkatkan sebagai mitra. Terutama dalam bersama-sama mencari solusi untuk ketersediaan obat yang selama ini menjadi kendala di RSUD setempat. Lantaran pasokannya sering terlambat.
Sementara itu Anggota DPR RI Hang Ali ketika dikonfirmasi mengatakan, pelayanan kesehatan untuk di Kobar sudah berjalan dengan baik. Terutama pelayanan dari BPJS Kesehatan. Hanya lanjut dia, sejumlah kendala seperti pasokan obat yang sering terlambat dan lainnya itu ke depan akan diupayakan untuk dicari solusu ditanggulangi ditingkat pusat. Sehingga kendala tersebut bisa diatasi. (hl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here