Home / DPRD Kota

Senin, 1 April 2024 - 11:35 WIB

Jadikan Medsos Wadah Promosi Bahasa Daerah

Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya Wahid Yusuf.

Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya Wahid Yusuf.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya Wahid Yusuf mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai wadah dalam melestarian dan mempromosikan bahasa daerah. Sebab pelestarian bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga identitas budaya yang menjadi pondasi dari segala aspek kehidupan, termasuk sastra, seni, musik dan tradisi.

“Media sosial tidak hanya memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang banyak. Sisi lainnya sebagai wadah bagi kita untuk melestarikan dan mempomosikan bahasa daerah agar tidak tenggelam oleh perkembangan zaman,” kata Wahid, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga :  Disperkim Kota Diminta Pangkas Pohon Tua

Menurut Wahid, media sosial memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bahasa-bahasa daerah yang merupakan bagian integral dari warisan budaya Indonesia.

“Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk menjangkau masyarakat luas, terutama generasi muda, agar tidak tergerus oleh arus globalisasi,” jelasnya.

Wahid meminta pemerintah melalui lembaga pendidikan untuk dapat saling berkolaborasi dengan menjadikan media sosial sebagai wadah pembelajaran. Diantaranya menciptakan konten-konten kreatif yang menarik sekaligus mendidik.

Baca Juga :  Pemko Diminta Bentuk Timsus Ilegal Fishing

“Salah satunya mendorong generasi muda, untuk lebih sering menggunakan dan mempraktikkan bahasa daerah melalui media sosial,” terangnya.

Melalui dorongan tersebut, lanjut Wahid, dapat memicu kebanggaan dan rasa cinta terhadap bahasa daerah. Secara tidak langsung berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan bahasa tersebut. (ran)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Nilai Penolakan Rapid Test karena Kurang Sosialisasi

DPRD Kota

Dewan Minta Pemenuhan Jaringan Internet di Ruang Isolasi Covid-19

DPRD Kota

Kualitas Udara Palangka Raya Mulai Tidak Sehat

DPRD Kota

Komisi A Dukung Program Disdukcapil Kota Palangka Raya

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemuda Lebih Kreatif dan Inovatif

DPRD Kota

Pelaku UMKM Disarankan Kantongi Sertifikat Halal

DPRD Kota

Gerakan Menanam Pohon Perlu Digencarkan

DPRD Kota

Anak Harus Diajarkan Empati Sejak Dini