Home / Kobar

Selasa, 19 Juli 2022 - 16:12 WIB

Pemilik 0,88 Gram Sabu Divonis 2,6 Tahun Penjara

FOTO : Arodi - Majelis Hakim PN Pangkalan Bun saat membacakan putusan vonis terhadap terdakwa, Selasa (19/7).

FOTO : Arodi - Majelis Hakim PN Pangkalan Bun saat membacakan putusan vonis terhadap terdakwa, Selasa (19/7).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Seorang pria berinisial R divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pangakalan Bun 2 tahun 6 bulan penjara karena menyimpan 0,88 gram sabu. Selain itu, ia juga diwajibkan membayar denda Rp 600 juta atas kejahatannya tersebut. Vonis ini dijatuhkan saat digelar sidang secara virtual di PN Pangkalan Bun, Selasa (19/7/2022).

Ketua Majelis Hakim I Gede Putu Saptawan, didampingi Hakim Anggota Heru Karyono dan Erick Ignatius Christoffel, mengadili dan memutuskan terdakwa R telah terbukti secara sah dan bersalah, melakukan tidak pidana Narkotika.

“Terdakwa dikenakan hukuman penjara selama 2 tahun 6 bulan dan dikurangi masa tahanan, serta denda Rp 600 juta, dan apabila terdakwa tidak mampu membayarnya di ganti dengan pidana  penjara selama 3 bulan,” kata Majelis Hakim saat membacakan putusannya.

Baca Juga :  Dipadati Pengunjung, Pantai Kubu Sempat Terjadi Kemacetan Panjang

Putusan tersebut lebih ringan dari pada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dengan pidana penjara selama 4 tahun dan 3 bulan dikurangi selama terdakwa dalam tahanan.

Serta denda sebesar Rp.800 juta, dan apabila terdakwa tidak mampu membayarnya diganti dengan pidana  penjara selama 3 bulan.

“Adapun beberapa hak yang meringankan putusan terhadap terdakwa yaitu terdakwa mengakui perbuatannya, menyesal, belum pernah dihukum dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi,”ujarnya.

“Hal memberatkan tentunya ia terbukti secara sah menguasai narkotika jenis sabu,” sebutnya.

Atas putusan tersebut, majelis memberikan kesempatan kepada terdakwa. Ternyata terdakwa menerimanya, sementara JPU, menyatakan pikir – pikir.

Baca Juga :  Tiga Kendaraan Tabrakan Beruntun, Satu Orang Kritis

Sebagaimana diketahui sebelumnya, terdakwa R ini ditangkap oleh anggota Satres Narkoba Polres Kobar saat sedang duduk menunggu perbaikan sepeda motor di bengkel yang berada di Jalan Ahmad Yani Km.16, Desa Bumi Harjo Rt.11, Kelurahan Kumai, Kecamatan Kumai, pada Senin, 17 Januari 2022 sekitar pukul 14.00 WIB.

Pada saat dilakukan penggeledahan di badan terdakwa, ditemukan di bagian saku celana depan sebelah kanan, barang bukti satu paket sabu dengan berat 0,88 gram. Ketika diintrogasi, terdaksi mengakui barbuk tersebut miliknya. Selanjutnya ia beserta barang bukti digelandang ke Mapolres Kobar. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Simpan Sabu, Warga Seruyan Disergap Polisi

Kobar

Bupati Kobar Salurkan 36 Ekor Hewan Kurban ke Masyarakat Korban Banjir

Kobar

Enam Rumah Warga Dekat Mes Korindo Turut Hangus Terbakar

Kobar

Merusak Kebun Warga, BKSDA Pangkalan Bun Evakuasi Orangutan Berbobot 80 Kg

DPRD Kobar

Dewan Minta Tinjau Ulang Rencana Pembangunan RS Isolasi

Kobar

Pelaku Penipuan Modus Jual Beli Mobil Diringkus Polisi 

Kobar

Hasil Pengembangan, Terciduk Satu Lagi Warga Kumai Simpan Sabu

Kobar

Dewan Dorong Pemkab Kobar Optimalkan Pendapatan Sektor Pajak Sarang Walet