Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 3 Februari 2022 - 17:53 WIB

Wagub Kalteng Ikuti Launching Inpres Nomor 1 Tahun 2022

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat mengikuti launching Inpres Nomor 1 Tahun 2022, Kamis (3/2/2022).

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat mengikuti launching Inpres Nomor 1 Tahun 2022, Kamis (3/2/2022).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres. com– Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengikuti Launching Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara virtual dari Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Kamis (3/2/2022). Acara ini digelar secara luring dan daring disiarkan langsung dari Gedung Heritage, Kantor Kemenko PMK RI.

INPRES Nomor 1 Tahun 2022 diluncurkan secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Muhadjir Effendy. Kegiatan ini dihadir Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, dan Pimpinan Komisi IX DPR-RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Plt. Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Deputi Seskab Bidang PMK Yuli Harsono,

Wagub Kalteng H. Edy Pratowo mengatakan, akan mengevaluasi sejauh mana kontribusi BPJS di Kalteng dalam mengimplementasikan program JKN yang tertuang di Impres nomor 1 Tahun 2022 tersebut.

Baca Juga :  Sugianto Motivasi Peserta Kejuaraan Gubernur Cup

“Tentunya didalam impres nomor 1 Tahun 2022 itu nanti kita akan melihat sampai sejauh mana kontribusi dalam rangka pelayanan itu, disanakan telah diatur sistem pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh pusat provinsi dan kabupaten kota itu seperti apa”, ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Inpres Nomor 1 Tahun 2022 ini adalah program strategis Pemerintah yang memiliki dampak besar bagi masyarakat sehingga keberlangsungannya memiliki keterlibatan para pemangku kepentingan baik di tingkat Nasional maupun Daerah. Keterlibatan para pemangku kepentingan diharapkan dapat menjaga ekosistem penyelenggaraan Program JKN KIS yang sehat dan ideal bagi seluruh rakyat indonesia.

“Terkait dengan terbitnya Inpres Nomor 1 tahun 2022 kami telah menyampaikan sosialisasi pada tanggal 26 januari 2022, sehingga diharapkan implementasi Inpres tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh jajaran di BPJS Kesehatan dan kerjasama yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan” kata Direktur BPJS Kesehatan RI Ali Gufron.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Promosikan Potensi Daerah di China

Ia menjelaskan, bahwa pada tahun 2021 cakupan kepesertaan program JKN telah mencapai 235,7 juta jiwa dengan indeks kepuasan di atas 80%. Dari sisi kolektibilitas iuran sampai dengan 31 desember 2021 penerimaan iuran telah tercapai 139,55 T.

Sementara, dari sisi peningkatan akses pelayanan kesehatan terdapat 23.430 Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bekerja sama dan 2.810 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. (as/hm)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Kunjungi Barsel, Gubernur Dialog dengan Siswa SMA se Dusun Selatan

Kobar

Gubernur Tinjau Pembangunan Pile Slab Jalan Kolam

Pemprov Kalteng

Hindari Perbuatan Tercela dan Berpotensi Korupsi

Pemkab Kotim

Gubernur Kalteng Pimpin Upacara Peringati HUT Kotim ke 71

Pemprov Kalteng

Sudah 11 Warga Kalteng Positif Terjangkit Virus Corona

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dukung Berdirinya Pos P4MI

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Rakor Persiapan Implementasi SPBE

Pemprov Kalteng

Dinas Pariwisata Kembangkan Wisata Kalteng