Home / Kobar

Senin, 7 Februari 2022 - 17:21 WIB

Terpidana Kasus Fidusia Diciduk Kejari Kobar

Tersangka saat diamankan anggota Kejari Kobar,

Tersangka saat diamankan anggota Kejari Kobar,

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotawaringin Barat (Kobar) menangkap terpidana kasus fidusia, bernama Muhammad Muhiddin. Ia ditangkap di kediamannya di Kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya.

Kepala Kejari Kobar Makrun, melalui Kepala Seksi Intelijen Jaksa Fungsional Seksi Intelijen Ari Andhika Thomas, mengatakan, terpidana  Muhammad Muhidin dimanakan oleh tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Kobar, Sabtu, 5 Februari 2022, pukul 08.00 WIB.

Menurutnya, penangkapan tersebut, berdasarkan Putusan Pengadilan Tinggi Palangka Raya Nomor: 78/ Pid/ 2020/PT PLK tanggal 14 September 2020, menyatakan terpidana Muhammad Muhiddin terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana.

“Mengalihkan benda yang menjadi objek jaminan Fiducia” dengan pidana penjara selama 4 bulan, dan denda sebesar Rp 10 juta rupiah, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan,”ungkapnya.

“Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Kobar gabungan dari intelijen dan pidana umum, menuju lokasi kediaman terpidana dengan melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, sehingga terpidana berhasil diamankan tanpa perlawanan,” dalam rilisnya, yang disampaikan pada Senin, (7/2/2022).

Baca Juga :  DUH!! Ternyata Sopir Truk Fuso Peti Kemas Hanya Kantongi SIM A

Dalam rilis disampaikan bahwa, kegiatan pelaksanaan eksekusi terpidana Muhammad Muhiddin, dimulai pada Kamis, 3 Februari 2022. Tim Eksekusi Kejari Kobar yaitu Timbul Mangasih, SH., MH. (Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat), Jul Indra Dhana Nasution, SH, MH (Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat), tim dibentuk oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kobar yang beranggotakan 6 orang berangkat menuju Kota Palangka Raya.

Kemudian, pada Jumat, 4 Februari 2022, sekitar pukul 05.00 WIB Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat tiba di Palangka Raya, dan melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah untuk memberikan bantuan parsonil, dan juga memberitahu Ketua RT setempat bahwa akan dilaksanakan Eksekusi terhadap Terpidana Muhammad Muhiddin.

Selanjutnya, pukul 05.30 WIB, Tim Eksekutor Kejari Kobar beserta
dengan tim lainnya, membagi menjadi 2 tim langsung menuju ke lokasi tempat Terpidana tersebut berada, yaitu di Jalan G Obos XIl Gg. Kecubung 1, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, untuk melakukan pengintaian didampingi dengan Ketua RT setempat, dan dibantu oleh 2 orang anggota Kejaksaan Negeri Palangka Raya, serta 2 orang anggota Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah.

Baca Juga :  Patroli Yustisi Tim Gabungan Jaring 15 Pelanggar Prokes

“Hingga Sabtu, 5 Februari pukul 05.00 WIB, Tim Eksekutor berhasil menemukan terpidana di kediamannya, kemudian Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Kobar memutuskan untuk mengikuti terpidana ke tempat persembunyian
lainnya,” jelasnya.

Barulah, pada pukul 08.00 Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat, akhirnya berhasil mengamankan Terpidana Muhammad Muhiddin di rumah kediamannya, di Keluraha Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau, Palangka Raya.

Selanjutnya, terpidana Muhammad Muhiddin dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk dilakukan Medical Check Up dan dilakukan Swab Antigen.

“Pada pukul 10.00 WIB, dilaksanakan eksekusi terhadap terpidana di Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas lIA Palangka Raya, dan diterima langsung oleh Kepala Rutan Suwarto. Pelaksanaan eksekusi terpidana Muhammad Muhiddin tersebut, berlangsung tanpa adanya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, sehingga terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana,” tandasnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Kodim Bekali Tiga Pilar Sishankam

Kobar

Seruduk Truk Parkir, Pengendara Motor Terkapar 

Kobar

17 IKM Kobar Terima Sertifikat Halal Dari Disperindagkop dan UMKM Kobar

Kobar

Dewan Sorot Kekurangan Guru di Kobar

Kobar

RSUD Imanuddin Kekurangan 50 Orang Tenaga Medis Untuk IGD

Kobar

Dipicu Sakit Hati Karena Cemburu, Pelaku Tega Menghabisi Bidan Cantik

Kobar

Lagi, Terjaring Warga Tak Patuhi Prokes

Kobar

Lagi, Tumarno Pimpin PWI Kobar