Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 3 November 2021 - 21:25 WIB

Pemprov Kalteng Gelar Rakor Penggunaan DBH-DR

Kepala Dishut Kalteng Sri Suwanto saat membuka rakor, Rabu (3/11).

Kepala Dishut Kalteng Sri Suwanto saat membuka rakor, Rabu (3/11).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran diwakilkan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng Sri Suwanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan Provinsi Kalteng Tahun 2021, yang digelar di Ballroom Hotel Neo Palangka Raya, Rabu (3/11/2021).

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh narasumber dari Direktorat Perencanaan Anggaran Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Direktur Dana Transfer Umum Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, dan Kepala Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sri Suwanto mengatakan, Kalteng telah menduduki peringkat 1 sisa DBH-DR di tahun 2021 hampir Rp. 1,16 triliun. Hal ini tentunya menjadi potensi yang cukup menggembirakan tetapi juga menjadi tantangan, khususnya di Dinas Kehutanan.

Baca Juga :  DPPA Kalteng Dorong Pembinaan Keluarga Harmonis

“Jadi setiap ada evaluasi keproyekan Dinas Kehutanan selalu nomor terakhir, selalu berada di peringkat yang paling bawah realisasinya. Karena setiap kita evaluasi menjadi faktor pembagi. Kita tahun ini hampir Rp. 160 miliar pengambilan DBH DR tidak habis sehingga itu terus menjadi faktor pembagi sehingga prosentasenya kecil,”ungkap Suwanto.

Melalui kegiatan rakor kali ini, Pemerintah Pusat dapat memberikan informasi dan pemahaman terkait kebijakan penggunaan DBH-DR 2022 kepada Dinas Provinsi, UPT KPH, Bappedalitbang Provinsi, Badan Keuangan dan Aset Daerah , OPD Kabupaten sebagai pedoman dalam perencanaan penggunaan anggaran Daerah.

“Harapan kami di daerah tentu ada Peraturan Menteri Keuangan atau PMK yang turunan dari Undang-Undang APBN 2022 bisa diterbitkan sebelum pengesahan APBD pada bulan desember 2021 yang disertai dengan maping nomenklatur kegiatan SIPD,”ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Peringat Tegas Investor, Kembalikan Lahan Hak Masyarakat

Pada kesempatan ini Sri Suwanto mendorong  para peserta Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan Prov. Kalteng agar menyusun anggaran penggunaan DBH-DR tahun 2022 sesuai kebutuhan.

“Patut diingat Kalteng adalah Provinsi yang masih dikriteriakan rawan karhutla. Tetap waspadai bahaya karhutla tahun 2022. Inilah yang menjadi harapan semua semoga pada kesempatan rakor betul-betul nanti  ada manfaat dan ada pencerahan sehingga betul-betul dan menjadi semangat baru 2022 dan tentu anggaran sesuai dengan yang kita inginkan,” tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Gubernur Ingatkan Masyarakat Dapat Kelola Lahan

Pemprov Kalteng

Bantuan APD Tahap ke 7 Dapat Memenuhi Kebutuhan Satu Bulan Kedepan

Pemprov Kalteng

Gubernur Peringat Tegas Investor, Kembalikan Lahan Hak Masyarakat

Pemprov Kalteng

Gubernur Letakan Batu Pertama Pembangunan TK-SD IT HBS

Pemprov Kalteng

Sekda Lepas Keberangkatan 75 Kontingen Peparnas

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Kembali Anggarkan Pengadaan Lift RSUD Doris 

Pemprov Kalteng

Kepala Daerah Diminta Percepat Pemulihan Ekonomi

Pemprov Kalteng

Masyarakat Diminta Terapkan 4M