Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 15 September 2020 - 14:43 WIB

Daerah Diharapkan Bentuk Peraturan Disiplin Masker 

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, H. Muhajirin.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, H. Muhajirin.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng menyambut baik Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Kedisiplinan Masyarakat Menggunakan Masker. Pasalnya, pada hari pertama penerapan Perwali tersebut, ratusan masyarakat dikenakan sanksi sosial akibat tidak mematuhi peraturan protokol kesehatan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, H. Muhajirin menilai, hal tersebut dapat menjadi contoh bagi daerah yang masuk dalam zona merah serta aktivitas masyarakat yang tinggi, untuk menerapkan peraturan tentang kedisiplinan penggunaan masker. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatan, serta dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Baca Juga :  Hadapi Pancaroba, Harus Jaga Kesehatan

“Memang Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penggunaan masker itu sudah ada dan berlaku untuk seluruh daerah. Akan tetapi lebih bagus lagi jika diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbup) seperti yang diterapkan di Kota Palangka Raya,” kata H. Muhajirin, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga :  Komisi II Bakal Godok Raperda Karhutla

Menurut dia, kunci utama agar pandemi covid-19 ini dapat berakhir, yakni dari masyarakat itu sendiri. Jika masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 akan berkurang, khususnya di sejumlah objek vital tempat berkumpulnya masyarakat.

“Yang perlu menjadi perhatian kan tempat-tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat, seperti di pasar dan sebagainya. Itu yang harus ditegaskan tentang peraturan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Fraksi Nasdem Minta Adanya Kenaikan Bantuan Parpol

DPRD Provinsi Kalteng

Perubahan Tatib Menyesuaikan BK dan Bapemperda

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Usul Perpanjangan Pos Penyekatan

DPRD Provinsi Kalteng

Investor Harus Berkontribusi Terhadap Daerah

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Bahas Raperda Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat 

DPRD Provinsi Kalteng

Pemekaran Kotawaringin Raya Perlu Adanya Kajian

DPRD Provinsi Kalteng

Anggota DPRD Kalteng H Sarwani Tutup Usia

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Ajak Semua Pihak Atasi Pandemi Covid-19