Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 7 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Mobil Ambulans Harus Disesuaikan Dengan Kondisi Daerah

Wakil rakyat dapil I, Duwel Rawing

Wakil rakyat dapil I, Duwel Rawing

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Usulan terkait pengadaan sarana dan prasarana kesehatan, khususnya pengadaan mobil ambulans, menjadi salah satu aspirasi yang kerap disampaikan oleh masyarakat pada saat kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar reses.

Tidak sedikit ambulans di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di daerah, dalam kondisi rusak, bahkan ada sejumlah puskesmas yang tidak memiliki ambulans.

Untuk itu, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, yang meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Gunung Mas, Duwel Rawing, meminta kepada pemerintah agar dapat segera menindaklanjuti permasalahan tersebut. Mengingat, kondisi penyebaran Covid-19 yang masih mewabah di Kalteng, ambulans sangat penting untuk mengevakuasi pasien.

“Ambulans kan memiliki peran yang vital dalam memberikan pertolongan darurat. Apalagi ada sejumlah daerah yang terpaksa harus menggunakan mobil milik masyarakat untuk mengevakuasi pasien, karena di puskesmas setempat tidak ada ambulansnya,” kata Duwel, Jum’at (7/8/2020)

Baca Juga :  Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

Lebih lanjut dijelaskan, dalam memberikan bantuan ambulans, pemerintah juga harus memperhatikan kondisi di daerah. Seperti kondisi jalan di wilayah Kabupaten Gunung Mas, yang termasuk kawasan perbukitan. Sehingga diperlukan mobil ambulans yang memiliki double gardan.

Baca Juga :  Cegah Stunting, melalui Sosialisasi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

“Kalau dipaksakan naik tanjakan, jelas itu menjadi kendala yang membawa ambulansnya. Yang kami takutkan itu, karena spesifikasi mobil ambulans yang tidak sesuai dengan kondisi di daerah, justru akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Soroti Amburadulnya Penyaluran Bansos

DPRD Provinsi Kalteng

Penghapusan Pertalite Jangan Membebani Masyarakat

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Konsorsium Direalisasikan

DPRD Provinsi Kalteng

Maksimalkam Implementasi Perda P4GN

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Terima Kunjungan Audiensi MUI Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Sengketa Antara Gapoktan dan PT MJSP Disepakati Dibahas di Kotim

DPRD Provinsi Kalteng

Pelayanan Disdukcapil Pulpis Memenuhi Standar