Home / DPRD Provinsi Kalteng

Kamis, 23 Juli 2020 - 15:13 WIB

Puskesmas di Pedesaan Minim Ambulan dan Sarpras

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. Foto : Ra

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kalangan DPRD Kalteng mengharapkan penanganan Covid-19 di lapangan, mesti dilaksanakan secara maksimal, khususnya di wilayah pedesaan. Pasalnya hingga saat ini, masih banyak sarana prasarana (sarpras) maupun fasilitas di daerah, yang masih sangat minim.

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, belum lama ini pihaknya menerima berbagai keluhan di daerah, terkait persoalan minimnya sarpras di daerah. Sebut saja seperti di pedesaan, selain minim bahkan ada wilayah yang tidak memiliki mobil ambulans.

“Bahkan ada ambulans tapi dalam keadaan yang rusak, bahkan tidak sesuai dengan spek topografi wilayah setempat,” kata Kuwu Senilawati, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga :  Dewan Usul Perpanjangan Pos Penyekatan

Terkait itu dirinya berharap agar ada koordinasi yang optimal antara provinsi maupun kabupaten, terkait penanganan di lapangan. Apalagi penggunaan ambulan merupakan sarana paling penting, dalam penanggulangan serta pemutusan mata rantai Covid 19.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu mencontohkan, seperti di wilayah Tumbang Jutuh Kabupaten Gunung Mas, yang harusnya perlu ambulan sesuai spesifikasi kawasan setempat.

Dari pantauan pihaknya ambulan disana terlihat sudah rusak dan dinilai tidak mampu optimal dalam menjalankan tugasnya. Apalagi di wilayah itu termasuk daerah dengan perbukitan, sehingga memerlukan kendaraan double gardan.

Baca Juga :  Komisi II Sayangkan Rencana PT KBK Berhenti Beroperasi

“Ini yang perlu diperhatikan karena sangat penting, dimana ketika harus dirujuk ke RS Kuala Kurun, akan sulit dengan mobil yang tidak double. Kalau dipaksakan naik tanjakan jelas terkendala dan pasien bersifat darurat bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Selain itu pihaknya juga mengimbau, terkait koordinasi menyangkut obat-obatan maupun hal penting lainnya, agar jangan sampai kehabisan. Hal yang harus jadi perhatian dimana ada usulan di daerah, yang mulai kekurangan vitamin hingga minuman kesehatan, agar ditindaklanjuti secara maksimal. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi II Perjuangkan Harga Rotan Kalteng ke Kemendag RI

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Usul Perpanjangan Pos Penyekatan

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Gubernur Terbitkan Pergub Dalkarla

DPRD Provinsi Kalteng

Jaga Kebersihan Drainase Sebagai Pencegahan Banjir

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Bahas Raperda Penyertaan Modal ke Bank Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sorot Penyimpanan Dana KPU Kalteng di BTN

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Harapkan Adanya Pembinaan Anak Punk
error: Content is protected !!