Home / DPRD Barito Selatan

Kamis, 4 Juni 2020 - 18:52 WIB

DPRD Minta DPMPTSP Barsel Lebih Jeli Melihat Peluang PAD

BUNTOK,KaltengEkspres.com – Agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perizinan, DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel)  meminta kepada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) setempat untuk lebih pro aktif dan  tidak hanya terfokus pada beberapa bidang yang menjadi sumber PAD selama ini saja.

Hal tersebut diutarakan anggota Komisi I DPRD Barsel, Rida Sri Ahliani, yang menyampaikan saran kepada pihak DPMPTSP setempat, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di ruang sidang komisi gabungan DPRD Barsel itu, Kamis (4/6/2020),

Politisi Partai Berkarya tersebut meminta kepada DPMPTSP agar lebih jeli melihat peluang sumber pendapatan di sektor perizinan, karena saat ini masih banyak sumber penghasilan bagi daerah yang belum tergali dengan maksimal, salah satunya adalah melalui perizinan trayek khusus angkutan Crude Palm Oil (CPO).

Baca Juga :  DPRD Barsel Imbau Semua Kantor Sediakan APAR

“Jangan terlena oleh hal kecil, seperti IMB saja, tapi ‘ikan besar’ lewat tidak ditangkap. Itu truk CPO yang lewat setiap hari di tempat kita, apakah tidak bisa kita minta retribusinya melalui izin trayek khusus?” tukas Rida mempertanyakan.

Ditempat yang sama ketua komisi I DPRD Barsel H. Raden Sudarto yang sekaligus pimpinan RDP, mengatakan bahwa semua usaha yang berkaitan dengan Peraturan Bupati (Perbup), sudah seharusnya mentaati apa yang tercantum dalam Perbup.

Ia menyarankan, supaya DPMPTSP mencari tahu apa saja yang menjadi kewenangan kabupaten dan mana yang menjadi kewenangan pusat, provinsi dan Kabupaten serta apakah ada pembagian profit dari setiap perizinan yang menjadi kewenangan provinsi kepada kabupaten.

Baca Juga :  Dewan Barsel Minta SOPD  Evaluasi Pengelolaan Aset

“Setidak-tidaknya, Perbup bisa untuk mengatur waktu pengangkutan CPO melintasi kota Buntok, apabila memang kewenangan perizinan trayek khusus merupakan milik provinsi,” ujar politisi PDIP Barsel itu.

Masih dikatakan pria yang akrab disapa H Alex itu, pihaknya juga meminta kepada DPMPTSP untuk mencari peluang PAD dari sektor perizinan lainnya, seperti salah satu contohnya adalah usaha molding kayu.

Dirinya membeberkan, dengan semakin banyaknya sektor yang bisa diakomodir perizinannya, maka akan semakin banyak peluang retribusi yang bisa diambil oleh daerah.

“Kita menginginkan DPMPTSP nantinya dapat menertibkan sektor lainnya seperti molding, itu kan banyak di tempat kita ini. Dengan begitu kita harapkan bisa lebih meningkatkan PAD Barsel,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Jelang Lebaran, Anggota DPRD Barsel Bagi Bingkisan

DPRD Barito Selatan

BK DPRD Barsel Akan Beri Sanksi Adiyat Nugraha

DPRD Barito Selatan

Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020 Disetujui

DPRD Barito Selatan

Pj Bupati Barsel Sampaikan Empat Ranperda Baru

DPRD Barito Selatan

Antisipasi Banjir, Dewan Minta Penataan Ulang Drainase Kota Buntok

DPRD Barito Selatan

DPRD Minta Dinas di Barsel Tak Asal-Asalan Membuat Perencanaan

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel : Komitmen Pada Protokol Kesehatan, Kunci Menuju New Normal

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel Apresiasi Kinerja Gugus Tugas Covid-19