Home / DPRD Provinsi Kalteng

Senin, 8 Juni 2020 - 13:21 WIB

Dewan Nilai Dana Desa Dapat Membantu Mengurangi Dampak Covid-19

Anggota DPRD Kalteng Natalia

Anggota DPRD Kalteng Natalia

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Natalia, menyatakan dana desa (DD) sangat membantu masyarakat selama pandemi korona Covid-19.

Dikatakan sesuai ketentuan, 30 persen dari dana desa sebesar Rp1 miliar, boleh digunakan untuk penanganan Covid-19. Selanjutnya, sisanya dapat digunakan untuk bantuan pemberian sembako dan pembangunan.

“Hasil pertemuan dengan pejabat SOPD di daerah dan tokoh masyarakat mereka tertolong dengan adanya dana desa,” kata Natalia, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (8/6/2020).

Berdasarkan hasil reses pihaknya ke Kecamatan Kampuri, Sepang Kota, Pematang Limau, Kabupaten Gunung Mas. Dari dana desa disepakati dipergunakan untuk penanganan Covid-19 dan penyaluran bantuan sosial. Dari hasil pertemuan, banyak masukan beragam dari masyarakat terkait bantuan langsung tunai (BLT) .

Baca Juga :  Ketua DPRD Kalteng Nilai Perda Adat Penting dan Mendesak untuk Disahkan

Sementara itu, kendala masyarakat antara lain, hanya diperbolehkan memilih satu jenis bantuan saja. Sejumlah bantuan tersebut, yakni ada BLT dari Kementerian sosial bergulir tiga kali dengan nominal Rp600 ribu sehingga total Rp1,8 juta, BLT dari Pemerintah provinsi sebesar Rp500 ribu per-kepala keluarga hanya satu kali, serta ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten ditambah dana desa .

Baca Juga :  Dewan Perjuangkan Usulan Dana Koni Kalteng Diakomodir

“Namun karena syarat tidak boleh tumpang tindih yang menerima BLT maka masyarakat lebih memilih dari Kementerian Sosial.” ucapnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan dan Kota Palangka Raya itu juga menyayangi data penerima BLT dari Kemensos, merupakan data lama. Sehingga perlu adanya verifikasi atau perbaikan ulang terhadap data tersebut. Karena hingga saat ini, masih ditemukan sejumlah nama penerima bansos yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ada sudah meninggal dunia. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi I DPRD Kalteng Tinjau Tapal Batas Kalteng-Kaltim

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Pemprov Beri Pelatihan dan Modal Usaha

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Permukiman Kumuh Ditata

DPRD Provinsi Kalteng

Pemprov Diminta Dukung Pembangunan Bandara Perintis Lamandau

DPRD Provinsi Kalteng

Perusahaan Swasta Harus Berkontribusi Positif Bagi Pembangunan Daerah

DPRD Provinsi Kalteng

Bandara HM Sidik Muara Teweh Harus Segera Beroperasi

DPRD Provinsi Kalteng

Polemik Jalan Eks Pertamina, Dewan Minta Utamakan Kepentingan Masyarakat

Barito

Dewan Minta Pemerintah Fokus Pembangunan di DAS Barito