Pemprov Kalteng Tangani 722 Pasien Tak Mampu Secara Gratis

Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu saat memberikan keterangan kepada awak media Senin (19/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sudah melaksanakan program pelayanan kesehatan gratis khusus bagi masyarakat tidak mampu dan tidak memiliki jaminan kesehatan. Ini dibuktikan hingga saat ini pasien yang sudah dibantu biaya oleh Pemprov Kalteng tercatat sebanyak 722 pasien dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

“Sejak Januari – Juni 2019 sebanyak 722 pasien tidak mampu baik sakit berat maupun ringan sudah dibantu pengobatanya malalui dana APBD Pemerintah Provinsi Kalteng, mulai yang di rawat di UGD, perawatan intesnif/rawat inap, hingga penanganan operasi berat maupun ringan,”ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu kepada awak media, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya, Anggaran Dinas Kesehatan untuk masyarakat tidak mampu ini dari APBD sebesar Rp3,5 Miliar, dan dapat tambahan lagi suntikan dana dari pemerintah sebesar Rp3,2 Miliar sehingga total anggaranya Rp6,7 Miliar untuk masyarakat miskin atau tidak mampu.

“Untuk kasus KLB seperti ISPA dampak dari kabut asap, begitu dinyatakan KLB, sudah jadi kewajiban pemerintah untuk membantu, artinya biayanya tetap ditanggung Pemprov Kalteng,” tandasnya. (ed/adv)