Bupati Kobar Ajak Generasi Millennial Cintai Budaya Lokal

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat mendapat penyambutan adat ketika membuka kegiatan TMMD Kodim 1014 Pangkalan Bun beberapa hari lalu.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Bupati Kabuparen Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah mengajak generasi muda untuk mencintai budaya lokal dan adat istiadat serta menjaga kearifan lokal.

“Generasi muda harus mempertahankan seni budaya dan adat istiadat kita.  Termasuk juga menjaga kearifan lokal,  karena seiring berkembangnya era digital para generasi muda akan mudah terbawa arus perkembangan zaman,”ungkap Bupati, Minggu (14/7/2019).

Menurutnya, di era digital dan kemajuan yang sangat pesat sekarang ini, budaya luar dengan mudah masuk ke wilayah Kabupaten Kobar. Budaya tersebut bisa masuk lewat internet, sehingga tentunya generasi muda jangan mudah terbawa arus.

“ Harus dicermati dulu bersifat positif apa negatif. Jika bersifat positif bisa kita ambil. Jika tidak sesuai adat istiadat dan budaya kita, maka harus kita tolak mentah-mentah, intinya harus dipilah-pilah,” pesan Nurhidayah.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya serta adat istiadat, dan harus bisa menjaga kearifan lokal sehingga para generasi muda Kobar memiliki benteng untuk menolak budaya luar yang bersifat negatif. (yus)