8 Ribu Pemudik Bertolak dari Pelabuhan Kumai

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Lonjakan arus mudik lebaran semakin meningkat di Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Tercatat, hingga H-9 sebelum lebaran, jumlah pemudik yang berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai mencapai 8.000 orang.

Kepala KSOP Kumai Capten Wahyu Prihanto melalui Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panglima Utar Kumai Azwar Anas mengatakan, 8.000 penumpang yang berangkat tersebut diangkut dengan 11 kali keberangkatan.

“Hari ini sudah ada 2 kapal yang datang dan berangkat dari Pelabuhan Kumai menuju Surabaya yaitu KM Satya Kencana 3 yang mengangkut penumpang 800 orang dan KM Egon dengan penumpang 700 orang,”ungkap Anas Senin (27/5/2019).

Menurutnya, hingga saat ini sudah mencapai 33 persen dari target penumpang yang diprediksi berangkat melalui Pelabuhan Kumai. Untuk puncak arus mudik diprediksi terjadi H-7 dan H-5 lebaran.

“Untuk itulah saat ini kita sudah mengantisipasi hal tersebut,” tandasnya.

Terkait kepadatan penumpang di terminal keberangkatan, pihaknya akan melakukan pembagian tempat tunggu di beberapa lokasi terminal yang ada sementara, pelaksanaannya nanti akan dibagi di terminal baru dan terminal sementara yang tahun lalu digunakan untuk ruang tunggu penumpang,” papar Anas. (yus)