Respon Keluhan Netizen, Bupati Pimpin Gotong Royong Bersihkan Sampah

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Hj Nurhidayah memimpin kegiatan gotong-rotong Jumat Bersih di Jalan GM Yusuf, RT 26, Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kobar, atau biasa disebut Tatas . Gotong-royong ini dilakukan bentuk merespon keluhan netizen terkait kondisi sampah di kawasan sekitar yang dinilai berserakan.

“Tumpukan sampah dilokasi ini sempat jadi viral di medsos. Karena itu saya langsung meminta kepada dinas teknis segera mendatangi lokasi, bersama camat, lurah, dan ketua RT, agar mengatasi persoalan tersebut. Alhamdulillah masalah itu bisa teratasi,” kata Nurhidayah kepada awak media Jumat (15/2).

Menurutnya, dalam hal pengelolaan sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan, tak semuanya harus menjadi tanggung jawab Pemkab Kobar. Melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama.

“Karena itulah kita tidak bosan-bosan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Nurhidayah.

Ia menjelaskan, menyikapi masalah sampah ini ke depan pihaknyadalam waktu dekat berencana membuat peraturan bupati yang mewajibkan para pengembang perumahan untuk menyiapkan tempat pembuangan sementara (TPS).

Hal ini bertujuan agar penghuni perumahan membuang sampah dengan benar dan mempermudah petugas kebersihan untuk mengambil sampahnya. (aro)