Home / Seruyan

Selasa, 23 Oktober 2018 - 17:17 WIB

PN Sampit Gelar Sidang Perbaikan Akte Kelahiran Warga Seruyan

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Pengadilan Negeri (PN) Sampit menggelar sidang di Kabupaten Seruyan. Sidang dalam rangka untuk memenuhi permohonan dari pemohon yaitu perubahan/perbaikan pada akta kelahiran.

“Hari ini kita melakukan sidang di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Seruyan, dalam rangka memenuhi permohonan warga yang berdomisili di Kabupaten Seruyan,” kata Wakil Ketua PN Sampit Joko Sutrisno, (23/10).

Ia mengatakan, sidang di luar gedung pengadilan ini dilatar belakangi oleh karena PN Sampit mempunyai 2 wilayah hukum, yaitu Kabupaten Kotim dan Kabupaten Seruyan.

“Karena pemohon berasal dari Kabupaten Seruyan dan jika warga Seruyan harus datang ke PN Sampit Kabupaten Kotim akan terhitung jauh, oleh karena itu pimpinan pengadilan mengeluarkan kebijakan untuk mengadakan sidang di wilayah Kabupaten Seruyan,”ujarnya.

Baca Juga :  Sidak Pasar, Pjs Bupati Sebut Harga Sembako Masih Normal

Adapun permohonan yang ditangani oleh PN Sampit pada persidangan ini berjumlah 5 permohonan dan rata-rata diantara pemohon adalah meminta untuk perubahan nama dan tanggal lahir di akta kelahiran.

Keputusan sidang juga akan dibacakan pada saat sidang telah selesai dilaksanakan, jadi tidak perlu menunggu sampai berhari-hari.

“Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui keputusan sidang, hari ini selesai sidang, lengkap syarat, dipenuhi, ditetapkan, dikabulkan permohonannya dan penetepannya dikeluarkan hari ini juga,”paparnya.

Baca Juga :  Polres Kobar Musnahkan Barbuk Sabu Senilai Rp 150 Juta

Joko menjelaskan, untuk bisa melakukan permohon harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan dan mengajukan ke PN Sampit. Saat masyarakat Kabupaten Seruyan ingin mengajukan permohonan serupa, bisa langsung mengajukan kepada Disdukcapil Kabupaten Seruyan karena pihak PN Sampit sudah melakukan kerjasama.

“Nanti kita akan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Seruyan, jika memang sudah terkumpul beberapa pemohon akan langsung kita sidang kembali disini. Perihal sidang diluar gedung pengadilan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelayanan secara cepat dan efektif kepada masyarakat,”bebernya. (al)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Sering Mangsa Ternak, Ular Sanca Terpaksa Dibunuh Warga

Seruyan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Ingatkan Warga Jaga Keutuhan Negara

Seruyan

Bupati Seruyan Dorong Pembinaan Atlet Usia Dini

Seruyan

Dewan Apresiasi Kebijakan Pemkab Mengatasi Kelangkaan BBM Bagi Nelayan

Seruyan

Tanggapi Kritikan Darwan Ali, Sudarsono Sebut Biar Masyarakat Yang Menilai

Seruyan

Wow…Sudah 2.000 Pendaftar Siap Bersaing Merebut 281 Kouta Formasi CPNS Seruyan

Seruyan

Panwaslu Ajak Masyarakat Seruyan Ikut Awasi Pemilu

Daerah

Asyik!! Seruyan Bakal Miliki Stadion Baru dan Taman Kota
error: Content is protected !!