Desa Sungai Undang Bakal Bangun Dermaga Tambat Kapal Nelayan

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com
Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Undang Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan, segera akan membangun dermaga tambat kapal nelayan yang rencana pembangunanannya dilaksanakan pada tahun ini.

“Kita akan segera membangun dermaga tambat kapal nelayan yang segera dibangun pada tahun ini juga,” kata Kepala Desa Sungai Undang Tri Arisusilo kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/2/2018).

Ia menjelaskan, pembangunan dermaga tambat ini untuk penataan kapal dan perahu nelayan yang ada di wilayah desa dan sekitarnya.

Selain itu, dermaga ini nantinya juga akan mempermudah proses pendataan kapal-kapal nelayan yang beroperasi di wilayah perairan Kabupaten Seruyan. “Dengan adanya dermaga ini kapal dan oerahu nelayan tidak akan tambat sembarangan,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan kapal tambat di dermaga tersebut, para anak buah kapal (ABK) juga akan lebih mudah dalam melakukan bongkar muat logistik selama pelayaran mencari ikan.

Secara tidak langsung masyarakat desa juga akan terimbas perekonomiannya dengan adanya dermaga tambat tersebut.
“Nanti kapal-kapal nelayan akan kita minta tambat disitu dan membeli keperluan logistik dengan masyarakat setempat,” terangnya.

Dalam sekali mengisi logistik, kapal nelayan mampu berbelanja sekitar Rp 6 juta untuk satu bulan berlayar. Kemudian, di Desa Sungai Undang juga sudah memiliki stasiun pengisian solar untuk nelayan.”Sehingga secara fasilitas pendukung sudah cukup tersedia,”ujarnya.

Ia menambahkan, selain dampak ekonomi, pemerintah desa juga akan meminta kepada kapal nelayan besar untuk mengajak dua orang warga Desa Sungai Undang bekerja.

Dari data yang dihimpun, sedikitnya ada ratusan kapal nelayan besar yang beroperasi di sekitar zona perairan Seruyan.

“Ada sekitar 500 unit kapal yang kita pantau beroperasi di sekitar perairan Seruyan. Tentunya ini kesempatan untuk membuka peluang lapangan pekerjaan baru bagi warga kita,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here