Dukung Baksos di Kejati, Kejari Kotim Berangkatkan 35 Penderita Katarak

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotawaringin Timur (Kotim) ikut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng Palangka Raya, dengan memberangkatkan 35 orang penderita katarak asal Kabupaten Kotim.

Kepala Kejari Kotim Wahyudi mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran bagi masyarakat yang mengikuti operasi katarak gratis oleh Kejati Kalteng, ternyata peminatnya di Kotim sangat banyak sekali. Oleh karena itu pihaknya kemudian melakukan screening di RSUD dr Murjani, untuk menentukan peserta yang dinilai paling layak untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Yang mendaftar untuk mengikuti operasi katarak gratis ini sekitar 70-an orang. Setelah di-screening akhir oleh dokter mata di RSUD dr Murjani Sampit, yang layak operasi ada 35 orang,”ungkap Wahyudi kepada KaltengEkspres.com Jumat (3/8).

Ia menjelaskan, peserta operasi katarak dari Kabupaten Kotim ini diberangkatkan ke Palangka Raya menggunakan 4 buah bus dari Dinas Perhubungan Kotim dan Pemkab Kotim. Mereka terlebih dahulu berkumpul di halaman Kejari Kotim.

“Setiap peserta operasi katarak gratis didampingi oleh satu orang keluarga atau kerabatnya,”papar Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, bahwa kegiatan tersebut nantinya dilaksanakan pada Sabtu (4/8). Rencananya dibuka secara resmi oleh Jaksa Agung RI. “Besok pembukaan kegiatannya, 5 Agustus buka perban, dan kemudian kembali ke Sampit. Untuk operasi katarak ini menggunakan metode baru yaitu Fakoemulsifikasi,” tandasnya.

Sementara itu sejumlah peserta operasi katarak gratis ini mengaku sangat gembira dengan adanya program dari kejaksaan ini. Lantaran kegiatan bakti sosial ini sangat membantu mereka warga kurang mampu yang ingin mengobati penyakit yang telah lama diderita. (MR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here